PuloHealth #9: Perjuangan Mengharukan Tenaga Kesehatan di Pedalaman Papua

image
Source

Selamat pagi sahabat steemian sekalian. Tanpa sengaja saya menemukan sebuah berita mengharukan yang dilansir detiknews, bercerita tentang perjuangan dokter dan tenaga kesehatan lainnya yang bertugas di Pedalaman Papua.

Mereka adalah tenaga kesehatan yang tergabung dalam tim Nusantara Sehat, yang ditempatkan di Puskesmas Ninati, Kabupaten Boven Digoel.

Di antara foto-foto yang diunggah, saya melihat dr. Amelia Usmanianti, yang sangat saya kenal. Sebab dr Amel pernah bertugas di Rumah Sakit Umum Munyang Kute Bener Meriah, Aceh. Kami pun pernah berada dalam satu tim untuk mengurus akreditasi rumah sakit. Saya akui, dokter berdarah asli Gayo Aceh ini sangat rajin, gesit dan pintar. Jadi, saya tidak heran melihatnya punya daya juang tinggi saat bertugas di Papua.

13F8B65D-3A0B-472D-955C-375A9FEB5A1D.jpeg

Dalam cerita foto yang diunggah, mereka sedang dalam perjalanan menuju Desa Tembutka yang berjarak 16 KM dari Puskesmas dengan berjalan kaki. Belum sampai di tujuan, salah seorang teman mereka tumbang, yang membuatnya tidak sanggup melanjutkan perjalanan. Padahal saat itu, malam hampir tiba, sehingga anggota tim membuat tandu darurat untuk menggotongnya hingga sampai ke Desa Tembutka.

Sungguh sebuah perjuangan mulia. Semua jasa-jasa kalian mendapat limpahan berkah dan rahmat dari Allah SWT. Amiin...
4ED6EC1C-765C-4129-BDDD-56F0905ED0A0.jpeg
Dr. Amel saat latihan sebelum dikirim ke Papua. Sumber FB

Salam hangat,
@razack-pulo

H2
H3
H4
3 columns
2 columns
1 column
Join the conversation now
Logo
Center