Makanan yang terkenal dan khas dari daerah Aceh, salah satunya yaitu rujak salak pliek u. Pliek u dalam bahasa indonesia adalah batarana, ini makanan yang rasanya enak, ada kelat, asam, manis dan makanan ini juga jarang ditemukan di daerah lain.
Bahan-bahan ;
1 kg salak
1 ons pliek u
1 sdm garam
cabai rawit sesuai selera
Cara buat ;
Kupas buah salak, bersihkan ari-arinya dan bijinya boleh dibuang atau tidak tp tetap gak bisa dimakan. Lalu potong kecil-kecil sesuai selera.
Haluskan pliek u (batarana), gula, garam dan cabai rawit.
Campurkan semua bumbu dengan salak atau bisa juga bumbunya letakkan dipinggir dan kemudia dicolek deh. 😁
Diamkan didalam kulkas sampai dingin dan supaya bumbunya meresap ke buah salak.
5.hidangkan selagi dingin.