EKSPEDISI ILMIAH GUNUNG GEUREUDONG 2888 MDPL TAHUN 2015

GUNUNG GEUREUDONG

Elevasi GG.JPGGunung Geureudong, begitulah namanya. Gunung yang bersebelahan dengan Gunung Burni Telong ini terletak di Desa Bukit Mulie, Kabupaten Bener Meriah, Aceh. Gunung ini baru sekali didaki oleh pendaki dari ACEH yaitu PA Caniva dan Mapala Univ. Muhammadiyah Dari Bukit Mulie dan ada juga dari MAHITALA melalui Jalur desa Pulo Intan sebelum kami kesana. Oleh karena itu, tidak banyak cerita yang kami ketahui saat kami.

Gunung yang memiliki ketinggian 2885mdpl ini memiliki daya tarik tersendiri bagi kami. Padang savana yang cukup banyak kami lihat di peta, serta info akan keberadaan Gajah Sumatera yang berada di Puncak Gunung Geureudong ini menjadi daya tarik bagi kami untuk menuju kesini. Perjalanan kami dimulai pada pertengahan bulan Mai 2015.

Desa Bukit Mulie menjadi tempat terakhir kami sebelum mendaki Gunung Geureudong. Kami bermalam di rumah Bang Supri yang juga kami jadikan sebagai tempat basecamp komunikasi untuk menyampaikan informasi keberadaan kami saat kami sedang mendaki. Kampung dengan penduduk yang ramah ini kebanyakan memiliki pekerjaan sebagai petani sayuran dan perkebunan. Penduduk asli Desa Bukit Mulie berasal dari suku jawa ( campuran ) sehingga bahasa sehari-hari yang mereka pakai ada bahasa jawa dan bahasa Gayo.

Di mulai dari Desa Bukit Mulie, jarak yang akan kami tempuh kurang lebih sekitar 7 kilometer ke puncak Geureudong dan berakhir di Desa Bukit Mulie juga. Pendakian kami dimulai dari ketinggian 1046 mdpl. Menurut warga sekitar, pendakian gunung Geureudong ini memakan waktu sekitar 5 hari.

Pendakian ini dimulai dengan menelusuri jalanan beton yang cukup panjang hingga melewati perkebunan warga. Dengan logistik yang cukup banyak saat awal pendakian, dan medan yang sangat berat membuat kami cukup kewalahan untuk berjalan. Namun, pemandangan bukit barisan yang terhampar membuat kami tetap semangat untuk melanjutkan perjalanan.

Jalur pendakian yang kami lalui cukup beragam, dengan vegetasi yang beragam pula. Kami melewati jalanan beton yang cukup panjang, melewati perkebunan kopi.

Sesampainya di pintu rimba, pendakian yang sebenarnya pun dimulai. Jalur yang banyak Warga lewati untuk berburu yang menjadi tantangan bagi kami untuk melewatinya. Tanaman rotan yang banyak ditemukan sering kali melukai beberapa bagian tubuh ketika melewatinya. Perbedaan cuaca dari yang cerah pada pagi hari menjadi hujan di tiap sore, tidak menghalangi kami untuk terus berjalan melewati rintangan yang kami hadapi.

Pada pendakian pertama kami membuat penginapan di jalur yaitu di kaki sarimin, pada saat itu kami melakukan praktek cara mencari atau menampung air, mengukur suhu dan PH tanah di sekitaran lokasi penginapan dikarenakan sudah mulai memasuki area kelembaban.

Pada pendakian hari kedua, seletelah melewati jalur yang cukup panjang, akhirnya kami menemukan salah satu padang savana Gunung Geureudong. yaitu lembah tamat, Padang savana yang sebelumnya hanya bisa kami lihat di peta, akhirnya dapat kami lihat secara nyata. Hamparan rumput yang sangat luas membuat kami sangat bahagia. Salah satu tujuan kami melakukan penjelajahan Gunung Geureudong, yang notabene adalah menemukan salah satu savana di Gunung Geureudog akhirnya tercapai. Segala keluh kesah saat perjalanan kemarin terbayar puas dengan hamparan rumput luas yang terbentang indah. Puncak Gunung Geureudong pun dapat kami lihat dari sini.

Kami menyempatkan waktu untuk menikmati keindahan padang savana selama beberapa jam Dan memutuskan untuk membuat camp di sekitar savana tersebut (Lembah Tamat). Kami juga mengamati beberapa tempat disekitar savana yang ternyata masih banyak ditemukan jalur gajah serta kotoran-kotoran gajah. Di padang savana sendiri banyak sekali ditemukan jejak gajah serta beberapa tempat yang digunakan gajah untuk bersitirahat. Namun sayang, kami tidak melihat satupun gajah sumatera yang ada di Gunung Geureudong ini.

Perjalanan kami lanjutkan kembali. Setiap matahari mulai terbenam, kami segera mencari tempat beristirahat untuk dijadikan tempat camp. Hal ini juga menjadi hal yang kami tunggu-tunggu. Hangatnya api unggun selalu menemai malam kami. Dari mulai yang tadinya hanya bersenda gurau biasa, hingga kami menjadi semakin akrab satu sama lain. Banyak sekali moment-moment yang membuat kami terus semangat menjalani hari-hari selanjutnya di gunung.

Pada akhirnya, kami sampai di puncak gunung Geureudong dengan rintangan jalur dan medan yang cukup sulit.dan akhirnya kami sampai di puncak. Saat Tepat pada Pukul 11.00 Wib dengan segera kami membagi tugas untuk mendocumentasi Pilar Gunung Geureudong dan sebagian memasak sarapan siang , membuat api agar kami tetap hangat. Dan pada hari itu juga kami kembali ke camp Lembah Tamat.

Pendakian Gunung Geureudong ini kami tempuh dalam waktu empat hari hari, dari mulai titik awal hingga titik akhir. Dengan disuguhi pemandangan yang luar biasa di jalur turun, membuat kami seakan lupa akan rasa lelah yang kami hadapi. Pemandangan Pegunungan Bukit Barisan yang membentang luas serta hamparan awan putih yang menghiasi langit-langit menemani kami selama perjalanan turun.

Alam Indonesia memang indah. Pulau Sumatera memiliki kekayaan alam yang melimpah, Gunung Geureudong salah satunya. Jarang terdengarnya nama Geureudong tidak membuat rasa penasaran kami menipis. Rasa penasaran kami terus tumbuh, terbayarkan saat kami melakukan perjalanan ini. Segala kesulitan yang kami hadapi selama persiapan perjalanan ekspedisi ini menjadi sebuah pengalaman dan menjadi pelajaran hidup bagi kami. Kami percaya bahwa semuanya memang akan indah pada waktunya

• Kampung Bukit Mulie
Desa Bukit Mulie salah satu sesa yang terdapat di Kecamatan Timang Gajah. Desa ini merupakan hasil dari pemekaran Desa Suka Damai pada tahun 2002. Desa ini berada di daratan tinggi, dengan ketinggian 1200 s/d 1500 Mdpl. Sebelah Timur Desa Bukit Mulie berbatasan dengan kecamatan Bukit/Wih Pesam, sebelah Barat berbatasan dengan Desa Mekar Ayu, Sebelah selatan dengan Desa Pantan Pediangan, sedangkan sebelah Utara berbatasan dengan Desa Pantan Lues. Jumlah penduduk Desa Bukit Mulie adalah : 280 KK. 941 jiwa, mayoritas Penduduk Bermata pencaharian Petani Kopi dan Plawija, dengan luas Wilayah ± 6 Km.

Bentuk Kegiatan Ekspedisi
• Perencanaan kegiatan
• Persiapan fisik, mental, skill, dana, dan alat
• Perjalanan menuju lokasi ekspedisi
• Pendakian Gunung Geureudong
• Pemetaan jalur pendakian Gunung Geureudong
• Pendokumentasian seluruh flora dan fauna yang ditemukan selama kegiatan pendakian
• Pendokumentasian seluruh kegiatan ekspedisi
• Perjalanan pulang menuju sekretariatan ALASKA
• Pembuatan laporan pertanggungjawaban dan penyebaran laporan hasil ekspedisi kepada pihak-pihak yang membutuhkan.

Lokasi Kegiatan

Gunung Geureudong, kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh via Desa Buket Mulie.

Waktu Pelaksana

Waktu Kegiatan Ekspedisi ini dilaksanakan pada 20 s/d 25 Maret 2015

Jumlah Personil

Ekspedisi Gunung Geureudong diikuti dan dijalankan oleh tiga anggota Muda Alaska dan dua orang supervisor anggota tetap Alaska.

Susunan Personalia Ekspedisi

29. Lampu Badai : 2 unit

HASIL KEGIATAN

Hari Rabu, tanggal 18-03-2015
Belanja persiapan untuk pendakian dan packing.

Hari Kamis, tanggal 19-03-2015
Belanja dan packing – packing, dan Selesai packing malam jum’at Pukul 22.15 wib.

Hari Jum’at, tanggal 20-03-2015
Tepat Pukul 10.30 wib Pelepasan oleh wakil rektor III bapak Saiful Huri dan bapak Kabag Kemahasiswaan dan diikuti oleh para undangan.
Pukul 16.30 Kami berangkat dari sekret, menggunakan sepeda motor, kami berhenti sejenak untuk mengisi minyak di SPBU Paya Meneng tepat Pukul 16.36 wib.dan kami melanjutkan perjalanan Pukul 18.20 wib kami tiba ditimang gajah dan yang mengurus perizinan dipolsek yaitu uret dan bg jampok, sedangkan kami menunggu di warung kopi Pukul 19.15 kami tiba diwarung kopi, selesai siuret, bang jampok mengurus perizin meraka tiba diwarung kopi Pukul 19.17 wib, setelah mereka minum dan istirahat sejenak tepat Pukul 19.20 wib uret dan bakoh melanjutkan pengurusan perizinan diKoramil. Setelah selesai mengurus perizinan Pukul 19.26 wib kami pun melanjutkan perjalanan ke rumah bang sufri, dan kami pun tiba dirumah bang sufri tepat Pukul 20.30 wib, setelah itu kami makan malam Pukul 21.10 wib selesai makan kami Pukul 21.22 wib setalah makan kami pun bercerita dengan bang sufri Pukul 22.15 wib kami pun istirahat.

Hari Sabtu, tanggal 21-03-2015
Pukul 06.15 wib kami bangun pagi, sarapan kami pukul 06.20 wib setelah itu kami mulai packing Pukul 07.30 wib, setelah selesai packing kami melakukan cari titik koordinat Pukul 08.50 wib, selesai itu kami foto2 dan langsung berangkat dari rumah bg sufri ke puncak geureudong Pukul 09.30 wib dan selama perjalan kami mengambil titik koordinat lagi dibok tepat Pukul 09.40 wib, dan kami melakukan res pertama Pukul 10.15 wib, res ke2 Pukul 10.25 wib, res ke3 Pukul 11.06 wib, dan isoma Pukul 14.00 wib dan selama perjalan kami dilanda hujan tepat Pukul 16.30 wib,dikarna kan ujan dan hari sudah mulai gelap kami membuat camp dikaki sarimin, setelah kami memilih tepat yang tepat kami pun mendirikan ngecamp dikaki sarimin tepat Pukul 18.30 Wib, setelah berdirinya tenda kami pun masak –masak Pukul 19.45. Wib selesai makan Pukul 19.55 wib dan kami melakukan breving malam Pukul 19.58 wib selesai melakukan breving kami melanjutkan istirahat Pukul 22.00, dan disaat lagi semua terlelap, tiba2 sijaloe kedinginan tepat Pukul 22.35 wib dengan spontan semua terbangun kecuali siuret yang masih terlelap karna kecapek’an, setelah membuat api besar dan masak air, setelah itu pun kami melanjutkan kembali istirahat.
Hari Minggu, tanggal 22-03-2015
Tepat Pukul 06.00 wib kami bangun pagi, setelah itu kami melakukan masak-masak Pukul 06.44 wib, sarapan Pukul 07.44 wib siap sarapan Pukul 07.50 wib selanjut kami packing Pukul 07.58 wib, dan kami pun melanjutkan perjalan ke puncak sarimin Pukul 08.30 wib dan tiba dipuncak sarimin Pukul 12.00 wib, setibanya dipuncak sarimin gerimis pun turun dan kami membuat tenda tepat Pukul 12.15wib tenda berdiri, selanjutnya siuret dan sibakoh melakukan observasi jalur kelembah tamat mereka berangkat Pukul 12.30 wib,selagi mereka obsevasi jalur kami yang nggu di puncak sarimin memasak, lumayan lama mereka balik dari observasi Pukul 14.13 wib setelah mereka datang dan siap makan kami pun packing-paking dan melanjutkan perjalanan kelembah tamat Pukul 14.18 wib, selama dalam perjalan banyak terdapat bunga angrek, dan kami pun tiba dilembah tamat Pukul 13.15 wib. Dilembah tamat banyak terdapat hutan savana, hutan lumut dan sumber air dan banyak juga terdapat jejak gajah, rusak dan kambing batu. Dan Pukul 13.30 wib kami pun ngecamp dilembah tamat dikarna kan disini yang ada sumber air, kami masak-masak Pukul 13.40 wib, makan Pukul 17.00 wib, breving malam jam 17.00 wib, masak kacang hijau Pukul 21.00 wib, tidur malam Pukul 21.15 wib.

Hari Senin, tanggal 23-03-2015
Tepat Pukul 07.00 wib kami bangun pagi, kami tidak makan nasi hanya makan kacang ijo dan air teh, setelah itu kami melanjutkan perjalanan kepuncak geureudong Pukul 08.15 wib yang hanya berbekalan logistic 1 paket. Tiba dipuncak geureudong Pukul 09.12 wib, selama dalam perjalan banyak terlihat hutan lumut, tiba dipilar Pukul 10.34 wib, dan kami pun foto- foto bareng dan setelah itu kami masak Pukul 11.00 wib, Pukul 11.20 wib kami selesai makan. Selanjut kami berangkat pulang kelembah tamat Pukul 13.00 wib, selama dalam perjalanan banyak terlihat hutan lumut karna kelembaban, selama perjalana pulang kami mengambil jalur kiri yang seharusnya kanan dan kami pun terpaksa membuka jalur baru lagi,dan kami pun diterkenak hujan tepat Pukul 13.09 wib, kami tiba dilembah tamat Pukul 13.15 wib, tiba dipuncak sarimin Pukul 13.45 wib selama perjalanan pulang dari lembah tamat kami salah mengambil jalur dan harus membuka jalur baru, karna hari mulai gelap kami tidak meneruskan perjalanan dan ngecamp dijalur tepat Pukul 18.20 wib kami mendirikan tenda, masak Pukul 19.25 wib, dan makan malam Pukul 20.15 wib, dan tidur Pukul 21.00 wib.. Selama kami ngecamp dijalur pulang kami mengalami kekurangan stok air minum yang tersisa hanya 3 botol agua, dan kmami pun harus survev air.

Hari Selasa, tanggal 24-03-2015
Tepat Pukul 07.20 wib Kami bangun, packing-packing Pukul 0930 wib, berangkat Pukul 10.00 wib, selama dalam perjalan pulang kami harus membuka jalur itu sangat terjal dan sangat ekstrim dan kami turun kebawa dan Alhamdulillah kami mendapatkan sumber air sangat jernih tepat Pukul 11.27 wib. Masak dijalur pulang Pukul 12.05 wib makan siang Pukul 12.30 wib, siap packing kami berangkat Pukul 12.05 wib, tiba dipintu rimba Pukul 15. 10 wib tiba dirumah bang jufri Pukul 16.10 wib, makan malam Pukul 20.05 wib, tidur Pukul 21.15 wib.

Hari Rabu, tanggal 25-03-2015
Tepat Pukul 06.15 wib kami bangun pagi, kami masak Pukul 07.15 wib, sarapan Pukul 08.10 wib, packing-packing Pukul 09.15 wib, berangkat pulang dari rumah bang jufri kekampus Pukul 10.20 wib. Tiba dikampus tercinta Pukul 13.00 wib.

Dokumentasi Team Ekspedisi

upacara.jpgUpacara pembukaan pelepasan TIM Ekspedisi Ilmiah gunung geureudong
foto bersama.jpgFoto bersama Peserta Upacara
base camp.jpgRumah Bang Supri sebagai Basecamp Didesa Bukit Mulie didalam pendakian
panorama.jpgPanorama Ditengah tengah Hutan Gunung geureudong
kotoran gajah.jpgKotoran Gajah yang terdapat dijalur pendakian
pepohonan.jpgSuasana pepohonan di Gunung Geureudong
termometer dan ph tanah.jpgTermometer dan PH tanah
tanaman anggrek.jpgTanaman Anggrek yang terdapat di jalur pendakian
savana.jpgSavana yang terdapat di lembah tamat
sumber air.jpgSumber air di lembah tamat
tanaman bunga.jpgTanaman Bunga yang terdapat di Knoll Geureudong
pilar.jpgTim di puncak Gunung Geureudong 2885 mdpl

Kesimpulan

Gunung Geureudong terdapat di wilayah Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh. Gunung Geureudong saat ini belum terekspose bagi sebagian besar masyarakat Indonesia maupun masyarakat Aceh sendiri. Jika dibandikan dengan Gunung Burni Telong yang berada dekat dengan lokasinya, Gunung Geureudong masih kalah terkenal karena masih belum menjadi objek wisata bagi masyarakat sekitar Aceh.

Dengan intensitas pendakian yang tidak terlalu banyak menyebabkan Gunung Geureudong  hanya memiliki 2 opsi jalur pendakian yang sudah ada, yaitu jalur yang melewati Desa Mukit Mulie, Kec. Timah Gajah dan Desa Piloe Intan, Kec. Pintu Rime Gayo. Jika melewati Desa Mukit Mulie, pendaki akan melihat Gunung Burni Telong yang sangat indah dengan puncak yang relatif lancip. Dikarenakan letak Desa Buket Mulie yang berada di dataran tinggi, pendaki juga dapat melihat pemandangan indah ke Bukit Barisan yang terdapat di sebelah barat Desa Bukit Mulie. Untuk mencapai puncak Gunung Geureudong melalui jalur ini dapat menghabiskan waktu + 3 hari pendakian tergantung manajemen pendakaian dan kekuatan para pendaki. disepanjang jalur pendakian ini akan melalui  berbagai kesulitan jalur yang sangat bervariasi mulai dari yang terbuka, semi-terbuka, dan tertutup. Dari kondisi topigrafi jalur pun tidak kalah variasinya, mulai dari yang landai hingga yang curam. Diluar semua itu banyak sekali yang dapat kita nikmati melalui jalur ini,apabila pendaki memotong ke arah lembahan dapat menemukan air terjun atau sungai untuk mengambil air yang dibutuhkan untuk kebutuhan selama pendakian.

Semoga Bermanfaat Buat Teman-teman semuanya

H2
H3
H4
3 columns
2 columns
1 column
Join the conversation now