Boeh Kruet - Jeruk Purut (Citrus Hystrix) Dalam Budaya dan Manfaat

Salam Sejahtera To Steemian

Hari Ini Saya Akan Memberikan Beberapa Gambar Tentang Buah Bernama Jeruk Purut - Limau Purut Atau Kalau Kami Disini Menyebutnya " BOEH KRUET " Dalam Bahasa Latin (Citrus Hystrix)



Jeruk Purut Atau Boeh Kruet adalah tanaman yang sangat dekat dengan Budaya (culture) orang Aceh Khususnya, karena jeruk purut ini banyak digunakan oleh beberapa acara atau kegiatan adat istiadat masyarakat aceh, contohnya:

Peusijeuk, terdapat banyak jenis peusijuek entah itu pernikahan - perkawinan - acara tujuh bulanan - peutreun aneuk (aqiqah) dan bagi wanita yang setelah melahirkan 44 hari akan dimandikan dengan air yang ada didalamnya terdapat jeruk purut

Photo ini saya ambil dalam perkebunan saya sendiri ada beberapa jenis tanaman yang belum semuanya saya bagikan kepada sabahat STEEMIAN.



Bukan hanya itu saja, jeruk purut ini bisa digunakan dan berkhasiat juga untuk kesehatan dan juga sebagai media untuk penghilang bau amis pada beberapa ikan, jeruk purut ini juga terbagi dalam dua jenis ada yang jantan dan betina dan itu yang membuatnya unik juga tipe buah yang berkerut

Itu saja yang dapat saya tulis hari ini, mohon dukungan dari kurator kami di indonesia @aiqabrago serta @levycore juga seluruh komunitas steemit indonesia, karena kalau saya sendiri saya bukanlah apa-apa, terimakasih yang tak terhingga untuk kalian semua


FOLLOW - UPVOTE Me @asyi & Sukses Untuk Kita Semua

H2
H3
H4
3 columns
2 columns
1 column
Join the conversation now
Logo
Center