Sibayak, Petualangan Pertamaku

67.JPG

suatu waktu ketika pertama kali nulis, tulisan ini saya ambil dari blog pertama saya yang telah ada sejak masih duduk di bangku aliyah pada tahun 2010 https://adoenaceh.blogspot.co.id/2013/01/pendakian-gunung-sibayak.html

Gunung Sibayak bukan nama yang asing lagi bagi orang yang tinggal di Sumatra Utara, ada yang bilang kalau Gunung Sibayak ini adeknya dari Gunung Sinabung, "nth bener nth enggak"

okelah, saya akan bercerita sedikit aja tentang Gunung Sibayak ini yang pernah saya taklukkan.. ciieehh :D..

berawal dari kegiatan Raimuna Daerah Sumatera Utara ke-7 yang bertepatan di kawasan bumi perkemahan sibolangit, pada saat itu saya ditunjuk sebagai panitia di bidang giat,, pertamanya saya binggung karena belum pernahnya saya jadi panitia dalam kegiatan yang akbar seperti ini, namun begitu tetap saya jalanin dengan penuh rasa tanggung jawab.

ada banyak kegiatan yang diselenggarakan pada acara tersebut, diantaranya pendakian Gunung Sibayak, nah dikegiatan ini dibagi menjadi 2 gelombang dan saya diletakkan pada gelombang ke-2,

pada gelombang pertama para peserta Raimuna Daerah Sumatera Utara ke-7 berangkat ke Gunung Sibayak dengan ranger atau pemandu yang telah disiapkan oleh panitia, namun sayang perjalanan mereka terhenti disebabkan hujan badai yang sangat deras dengan kemiringan pendakian sekitar 60 derajat, untuk itu mereka menghentikan pendakian atas perintah ranger'a, tidak begitu mengecewakan bagi mereka, karena mereka sadar kalau dilanjutkan pasti akan memakan korban jiwa dan mereka ikhlas untuk tidak melanjutkan dan kembali ke bumi perkemahan sibolangit..

keesokan harinya giliran gelombang kedua yang berangkat, dan itu bagian saya, ciieeahhh :D...

pada gelombang kedua ini para peserta diberi bimbingan lanjutan oleh kak opay , semangat yang bergairah begitu tampak diwajah masing-masing peserta dengan tujuan harus sampek pada tujuan dan cuaca yang mendukung,, dan akhirnya saya bersama peserta berangkat dengan menggunakan mobil tentara,, dan kami menginap 1 malam di hotel sibayak sambil mendengarkan arahan dari ranger yang akan membawa kami ke Gunung Sibayak,

keesokan paginya kami diperiksa tensinya oleh tim dari Saka Bhaktihusada dan semua lulus sensor.. hehe.. lalu kami berangkat ke kaki Gunung Sibayak dengan menggunakan mobil tentara, setelah sampai kami pun memulai pendakian dengan harapan sampai ditujuan,,

selama diperjalanan ada juga dari peserta yang mengalami rasa lelah di karenakan jalan berliku-liku dengan kemiringan sekitar 60 derajat, tpi itu tidak membuat peserta lainnya ikut kelelahan, tahap demi tahap akhirnya kami sampai di tujuan, subhanallah gak nyangka akhirnya bisa sampa juga, begitu indah pemandangan disekitar Gunung tersebut, walaupun masih ada bekas dari letusan gunung tersebut,,

dan kami segera menginfokan keberadaan kami ke pusat bumi perkemahan sibolangit dengan menggunakan radio, namun sayang ketika pencarian signal bukan pusat bumi perkemahan sibolangit yang kami dapatkan melainkan siaran orang Malaysia yang sedang pacaran melalui radio,, hahaha :D

sekitar 2 jam-an kami di puncak, akhirnya kami balik turun lagi dikarenakan faktor cuaca,, dan akhirnya kami sampai ke bumi perkemahan sibolangit, beragam reaksi yang dikeluarkan oleh peserta, ada yang gembira, sedih, dll (dan lupa lagi)

sekian cerita singkat saya sewaktu perjalanan di Gunung Sibayak dan mudah-mudahan ada waktu untuk pendakian ke Gunung Sinabung,, Amiin.. :)

H2
H3
H4
3 columns
2 columns
1 column
Join the conversation now
Logo
Center