Saat Si Pancong Begitu Menggoda


image

LOKASI penganan yang satu ini persis berada di Pasar Pusong, Kota Lhokseumawe. Letaknya berada dibawah “jembatan” penghubung antar lantai dua, gedung pasar yang baru rampung dibangun dengan gedung pasar lama.


image
Lokasinya dekat dengan lapak pedagang pisang dan pepaya. Itulah lokasi berjualan kue pancong di Lhokseumawe. Setahu saya, ini kue pancong ternikmat yang pernah ada di Lhokseumawe. Saya belum menemukan penganan sejenis di kota ini. Bisa jadi, itu karena saya kurang gaul, untuk “menjajah” aneka kue kota itu.


image
Keluarga saya, dua putra saya dan istri, benar-benar menyenangi kue ini. Setiap kali pulang belanja kebutuhan dapur, kami selalu singgah ke lokasi itu.

Seorang anak muda kerap menyapa. “Mau berapa ?” katanya. Tangannya cekatan mengayun mangkok, mengambil adonan, lalu meletakannya ke cetakan kue. Selain itu, dia juga cekatan membungkus, memisahkan kepingan kue pancong satu sama lainnya.


image
Sungguh sudah terbiasa. Kami biasa membeli kue ini Rp 10.000. Sayangnya saya tidak hitung berapa potong kue dengan nominal Rp 10.000 itu.

Konon, kue ini asli Betawi. Menjadi penganan tradisional masyarakat Betawi sejak lama. Saya belum mengulik referensi soal asal-muasal kue pancong itu.


image
Ah, tak penting soal asal muasalnya, bagi saya kue ini salah satu penganan yang wajib dinikmati. Murah, enak, dan sungguh membuat saya dan keluarga ketagihan.


image
Kawan-kawan stemians di bawah ini silakan mencoba.
SALAM KOMUNITAS STEEMIT INDONESIA
@levycore , @rizaldamti , @aiqabrago @afriaulia , @alfarisi , @makhzar , @fahmidamti, @usammiismi , @aizulkamal , @barvon , @mirzacho , @muhammadzairil , @amirullah , @nisarunnisah88 @kakilasak , @kemal13 , @jodipamungkas , @syehlah @fajarsdq @nayya24 @boyelleq@toniesteem @amryksr @rahmathidayat097 @nadjard @teukufajar@harferri @hadimemories @mahathiruddin @muammar @miftahuddin@izar @ihsan @bewe @rizajb @dendyaditiya @berkat @amri @acehisme@novale @muzammil @kandekupi @wahyurahadiann @riezky@ariskusnandar @munzir @x-files @teukurifky @noval @damy@agusdiansyah @makmuragani @heriadi @fadhielshaqieer @birrulibmc@rizalpetro @ichsan83 @rinaldi @wahyujr @julfan @ahmadmubarak@ricflow @win1 @furqanadillah @derry91 @quincy87 @alol @nadilchairi@yandaalpiansyah @hafidh @rahmats @rizkiarif @willyfavindy@teukeuilham @altsany @atafauzan79 @razzirean @berkat @pranata10@ahmadredha @shimonc @nadilchairi @piki @muhammadiqbal@saifullahtgk @andesign @syafdarulahyar @yasir.mogerz @orcheva@alvapurba17 @rahmanovic @indrabuah @asyraf @osaka @azissuloh@rifkiboco @foarsyad @junaidikl @ademadani @dedyrahmat@naufalikhsan @mustafakamal94 @citrarahman @ayijufridar@zainalbakri @masriadi @yahqan @happyphoenix @husaininisam@irfanrahmad @rifkiboco @schrazi @hidayatalfath @alfianarisda@abupasi.alachy @muhammadikbal @dxgam @ziaurrahman@rezasaputraaaa @hafrianto @gibran @mafis @nazariandi @agmalirsadi@dikkyamiputra @husaini @aris22


image
STEboldMIANS
Jika tertarik dengan tulisan ini, silakan restem dan follow saya @masriadi

H2
H3
H4
3 columns
2 columns
1 column
Join the conversation now
Logo
Center