Jalan-jalan ke Hutan Amazon Aceh

IMG_20170712_164203_HDR.jpg

Amazon?

Di Aceh?

Ah lebay lo, Yud! Nulis jangan lebay dan konyol dong yud!

Silahkan kawan berinterprestasi apapun terhadap judul dan isi tulisan saya ini. Tak mengapa. Karena kesan Amazon Lah yang saya dapati tatkala pertama kali berhasil memasuki rimbunnya tumbuhan hanguana malayana alias tumbuhan bakung bakung.

IMG_20170712_110432_HDR.jpg

Air sungai yang berwarna kuning keemasan bercampur lusuhnya serabut akar, sesekali ikan air payau berkecipuk dipunggung sungai. Amboi... Seketika itu saya merasa kalau saya tak lagi di Aceh, tapi di Amazon Brazil!

IMG-20160821-WA0011.jpg
Thomas leaf monkey

Adalah Rawa Singkil, destinasi tujuan perjalanan saya beberapa waktu lalu. Sebelum kalian bertanya "kok bisa ke Kawasan Suaka Margasatwa Rawa Singkil" saya akan bagi tahu untukmu, kawan.

Belakangan ini, saya di-hire oleh salah satu NGO pro konservasi Kawasan Ekosistem Leuser, dan SM Rawa Singkil termasuk didalamnya. Hutan rawa yang terlah berusia ribuan tahun ini terletak di kabupaten Aceh Singkil-Aceh, Indonesia.

Suaka Marga Satwa Singkil  (103).jpg

Ini memang hutan lindung, sementara belum bisa dijadikan kawasan wisata (sedang dalam proses zonasi). Jadi bila kamu ke sini, ada baiknya hubungi kantor BKSD Aceh untuk meminta ijin ya.. Ingat! Memasuki taman nasional tanpa ijin adalah sebuah PELANGGARAN!

Jadi apa yang membuat Rawa Ini spesial?

Di sini, adalah tempat populasi orangutan Sumatra terbanyak di Aceh dan sumatra! Begitupun dengan beberapa spesies lainnya.

Suaka Marga Satwa Singkil  (60).jpg

Kekayaan floranya juga keren. Sayangnya saya tak bisa sebutkan apa saja demi menjaga kode jurnalistik lingkungan hehe

Buaya? Ada! Buanyak dan itu akan memberikan sensasi petualangan yang tak tergantikan. Di sini juga tempat populasi burung yang cukup banyak!

Hmm apalagi ya..

Ah iya, kerbau rawa tahu? Pernah liat? Nah di Aceh ada lho kerbau rawa dan itu adanya di daerah Rawa Singkil!

Jadi, masih berpikir kalau Aceh itu biasa saja? Masih bilang saya lebay? Emang lebay..

IMG-20170714-WA0013.jpg

Akhirul kalam, jika kamu ke kawasan hutan please.. jangan merusak. Minimal dukunglah alam dengan tidak menulis perihal yang mengecewakan tentang satwa satwa yang dilindungi!

Salam sayang penuh kecup berdesah dari bapak beranak tiga nan Alay
@anakkorea

DQmUMCmdqKtbcyJ1LSE5hMayaqbsDxoRMNsrDicwkVgetVX.jpeg

Nb : kalau ke sini, harap benar benar mengurus ijin di BKSD - Aceh ya gaes.. please...

H2
H3
H4
3 columns
2 columns
1 column
Join the conversation now
Logo
Center