This content was muted by INDONESIAN HIVE moderators for not following community guidelines.

Cara membuat sanger arabica dirumah. Dijamin gurih dan nikmat.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Halo hivers indonesia. Perkenalkan nama saya Sofi Nofianty. Ini adalah artikel pertama kali yang saya tulis di komunitas INDONESIA HIVE ini. Buat kamu para pria yang suka kopi, saya punya resep atau cara membuat kopi sanger arabica sendiri dirumah dengan menggunakan mesin. Atau bagi kamu seorang wanita, kamu bisa membuat kopi dari resep yang saya beri ini untuk suami kamu, ayah kamu, ataupun abang kandung kamu sendiri. Mari kita lanjut pembahasan ini lebih dalam.

whatsapp_image_2022_04_25_at_09.56.01.jpeg

Alat dan bahan :
Alat dan bahan ini wajib ada ya, jika alat dan bahan nya kurang satu macam saja, maka kopi dari resep saya ini tidak akan bisa kamu buat secara maksima.

  • Gelas kecil.
    Kamu boleh menggunakan gelas ukuran kecil bertangkai ataupun tanpa tangkai. Kalau saya menggunakan gelas ukuran 20-25 ml.

whatsapp_image_2022_04_25_at_09.56.13.jpeg

  • Susu kental manis.
    Nah, susu kental manisnya kamu boleh pakai merk apa saja, tapi saran saya sebaiknya gunakan merk Dairy Champ dari negeri sebelah ( Malaysia ). Karna semua susu itu berbeda takaran nya seperti takaran lemak.

whatsapp_image_2022_04_25_at_09.56.20.jpeg

  • Bubuk kopi.
    Bubuk kopinya boleh di beli dari distributor ataupun agen. Ada banyak agen agen kopi di seluruh indonesia. Kamu boleh minta bubuk kopi dengan ukuran paling halus setelah di giling.

whatsapp_image_2022_04_25_at_09.56.29.jpeg

  • Porta filter.
    Porta filter ini fungsi nya untuk menampung bubuk kopi yang akan di press.

whatsapp_image_2022_04_25_at_09.56.49.jpeg

  • Tamper.
    Tamper adalah alat yang digunakan untuk meratakan bubuk kopi yang ada di Porta filter.

whatsapp_image_2022_04_25_at_09.57.23.jpeg

  • Timbangan.
    Timbangan digunakan untuk mengukur berat bubuk kopi dan kadar susu kental manisnya.

whatsapp_image_2022_04_25_at_09.57.01.jpeg

  • Mesin.
    Ini yang paling penting. Mesin digunakan untuk menghasilkan air atau cairan dari bubuk kopi tersebut. Saya menggunakan mesin kopi yang biasa dan standard.

whatsapp_image_2022_04_25_at_09.57.36.jpeg

Cara membuat :

  • Masukan susu kental manis ke dalam gelas kecil sebanyak 25 gram.

whatsapp_image_2022_04_25_at_09.58.20.jpeg

  • Tuang bubuk kopi ke dalam Porta filter sebanyak 15 gram.

whatsapp_image_2022_04_25_at_09.58.35.jpeg

  • Kemudian tamping bubuk kopi yang ada di Porta Filter. Tamping adalah proses meratakan kopi menggunakan Tamper.

whatsapp_image_2022_04_25_at_09.58.48.jpeg

Tamping nya jangan di tekan ya, cukup diratakan saja. Nanti hasilnya akan merata seperti ini.

whatsapp_image_2022_04_25_at_09.58.59.jpeg

  • Kemudian, pasang porta filter ke mesin lalu tekan tombol press. Biarkan mesin mengeluarkan cairan kopi selama 10 detik lalu matikan. Ingat ! cukup 10 detik saja.

whatsapp_image_2022_04_25_at_09.59.17.jpeg

  • Terakhir, jangan lupa sediakan air putih dingin agar kopi yang kamu minum semakin nikmat dirasa.

Nah, itulah tadi cara atau resep membuat kopi versi saya. Semoga bermanfaat, jangan lupa follow agar kamu mendapatkan informasi terbaru seputar menjadi wanita yang baik dari saya.

Terimakasih untuk @my451r @visionaer3003 @hive-117778 selaku pengelola komunitas INDONESIA HIVE ini. Semoga saya bisa bergabung dan menjadi keluarga komunitas ini. Saya siap ikut serta membangun komunitas INDONESIA HIVE agar lebih maju dan berkembang.

Terimakasih buat teman teman yang sudah mampir.

Salam hormat
@sofinofianty

H2
H3
H4
3 columns
2 columns
1 column
Join the conversation now
Logo
Center