Di sesi 10 Malam ini kita akan membahas tentang Apa itu ICO. tapi sebelumnya saya update dulu hasil cloud mining di website potensi untuk exit SCAM ini http://bit.ly/dogeminerstart
Tadi malam saya berhasil melakukan withdraw pertama. Dan masih ada 19 hari lagi sebelum balik modal. :D
Sebelumnya apakah ada yang sudah tau dengan istilah IPO? IPO atau Initial Public Offering, adalah ketika sebuah perusahaan menjual sebagian sahamnya ke public. Atau biasanya dikenal dengan istilah Perusahaan Go Public. perusahaan yang Go Public ini memiliki tujuan tertentu, seperti:
Yarp, kalo untuk ICO sendiri (Initial Coin Offering) kurang lebih tujuannya juga hampir mirip dengan IPO. Hanya saja perbedaan mendasar dari kedua istilah tersebut adalah, biasanya IPO dilakukan oleh perusahaan yang sudah besar. Sedangkan ICO dilakukan oleh Startup. IPO dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas, sedangkan ICO dibutuhkan untuk mencari dana awal.
Sekarang mulai trend startup-startup baru menyelenggarakan ICO. Karena selain mudah untuk mendapatkan dana segar, dana tersebut juga biasanya didapatkan dalam jangka waktu yang terbilang singkat. Seperti salah satu tahapan Pre-ICO dari Tokenomy (salah satu (entah) pemiliknya adalah founder bitcoin.co.id, Oscar Darmawan) yang berhasil menjual habis tokennya hanya dalam waktu 20 menit.
Oh iya, kalo kita berbicara tentang tahapan, ada beberapa tahapan yang biasanya terdapat didalam ICO, seperti Private Sale, Main Pre-ICO Sale, Main ICO, dan Masuk Market. Tidak semua tahapan tersebut dipake. Kadang ada yang langsung ICO, bahkan ada juga yang Pre-Pre-ICO, atau lebih "pre" lagi dari "Pre-ICO" :D
Sebelum mulai menyelenggarakan ICO, biasanya syarat wajib sebuah startup adalah mem-presentasikan
Keempat poin diatas sih biasanya sudah dijelaskan didalam Whitepapernya. Jika kita melihat Roadmap sebuah startup, biasanya semuanya jangka panjang. Bisa bulan, sampai dengan tahun. Perbedaan dari masing-masing masa ICO ini adalah Harga token/coin yang akan ditawarkan, atau Bonus.
Misalnya:
Ketika Pre-ICO, 1 token dihargai $0.1
Ketika ICO, 1 token dihargai $0.5
Dan setelah ICO, 1 token (didalam lingkup/network mereka) akan bernilai $1
atau jika dengan bonus,
Ketika Pre-ICO, beli 100 token, bonus 50 token.
Ketika ICO, beli 100 token, bonus 25 token.
Dst.
Inilah kenapa para investor berburu coin pada masa-masa ICO.
Nah, jika kita melihat dari sudut pandang investor, ada beberapa tujuan dari para investor ini mau membeli token atau cikal bakal coin ini di masa ICO.
Bisa dibilang, inilah tipe investor yang sebenarnya.
Dan tipe investor biasanya tidak menggelontorkan dana yang tidak sedikit untuk ikut berinvestasi di masa ICO.
mau untung mau rugi gw gak peduli. beli aja dulu. kita liat setahun lagi perkembangan startup ini kek mana
Warning: Tapi tidak jarang juga para startup ini exit scam setelah ICO
Memang untuk ikut berpartisipasi dalam masa ICO ini, kita sebagai investor harus menggunakan fiat money terlebih dahulu. Tapi buat para pemburu gratisan, ada 2 hal yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan coin-coin dari ICO secara gratis.
Beberapa contoh ICO dari startup yang saya ikuti adalah Storiqa dan Ice Rock Mining.
Storiqa adalah startup yang memiliki konsep jual beli online dengan menggunakan cryptocurrency sebagai alat bayarnya. https://crowdsale.storiqa.com/
Coin dari Storiqa ini memiliki simbol STQ, dan baru dirilis di 3 exchanger. HitBTC, IDEX dan TIDEX dan baru dirilis bulan maret ini.
Sedangkan Ice Rock Mining adalah startup dengan produknya berupa jasa Cloud Mining.
Saat ini IRM sedang dalam masa Main pre-sale dengan menawarkan bonus yang semakin berkurang dalam jangka waktu tertentu
Saya melakukan investasi di IRM karena melihat prospek jangka panjang yang bagus dari startup ini.
Berikut ini alasan saya mengikuti ICO ini
kenapa unik, karena IRM melakukan penambangan didalam Gua, yang memiliki suhu dingin. Keuntungannya adalah, mereka tidak perlu lagi membeli AC hanya untuk mendinginkan Rigg minernya. Sehingga biaya listrik bisa ditekan. Dan efeknya, biaya "Maintenance" di cloud mining dari IRM ini sangat kecil.
Berbeda dengan hashflare yang sekarang ini biasanya maintenancenya sudah hampir 50% dari hasil mining. T_T
Mini Assembly Sesi 10 - Selesai