Berawal dari serta papirus menjadi kertas kuning dan sekarang menjadi kertas putih

Selamat pagi teman-teman steemian maupun yang bukan steemian...  kali ini kita akan membahas bagaimanan mana perkembangan kertas-kertas yang kita gunakan hari ini.

Kertas merupakan lembaran putih yang biasanya digunakan untuk menulis, melukis dan mencetak suatu tulisan atau gambar untuk menghasilkan sebuah karya. Pada lain keadaan, kertas kadang-kadang diberi warna seperti kertas origami dan lain-lain.

Pernahkan teman-teman bertanya dari manakah kertas-kertas tersebut berasal? Bagaimana cara membuatnya? Nah, pada artikel saya kali ini akan membahas sedikit tentang permasalahan tersebut semoga bermanfaat bagi saya dan teman-teman semua.

Pada zaman dahulu, manusia telah menggunakan media tulis batu, lembaran dedaunan, tulang dan lain-lain. Seiring dengan perkembangan zaman, bangsa Mesir kuno mengembangkan cikal bakal kertas dari pohon papirus sehingga disebut dengan kertas serat papirus. Zaman terus maju, sehingga manusia mengembangkan kertas yang lebih bagus dengan serat yang lebih halus sehingga menghasilkan kertas yang lebih bagus dan berwarna kuning. Kehadiran ilmu kimia kemudian mengembangkan bahan pemutih sehingga terciptalah kerats putih.

Kertas dari serat papirus merupakan jenis kertas yang bermutu pada zamannya. Pada daerah lain seperti Jepang, Tiongkok dan lain-lain masyarakat menciptakan kertas dari serat bambu yang tidak kalah mutunya dengan serat papirus. Kertas papirus dan kertas bambu memiliki serat yang agak kasar sehingga menyulitkan bagi penulis dan diperlukan pengembangan lebih lanjut untuk meningkatkan mutunya.

Kertas kuning merupakan kertas yang dibuat dari bubur kertas sehingga menghasilkan serat yang lebih halus sehingga memudahkan penulisan. Kertas kuning sering digunakan untuk mencetak kitab-kitab sehingga dalam islam ada istilah kitab kuning. Perkembagan kertas jenis ini belum sempurna karena secara kimia masih banyak mengandung lignin yang menyebabkan kertasnya berwarna kuning.

Kertas putih merupakan perkembangan dari kertas kuning dengan menggunakan pemutih pada proses produksinya. Warna kuning pada kertas dihilangkan dengan menggunakan zat kimia tertentu dalam istilah kimia disebut bleaching. Kertas-kertas putih tersebut dipotong sesuai dengan ukuran yang hendak dipasarkan dan kadang-kadang diberikan warna untuk tujuan-tujuan tertentu.

H2
H3
H4
3 columns
2 columns
1 column
Join the conversation now
Logo
Center