Kisah Syeikh dan Tiga Orang Zindik

image
source

Tiga orang zindik melihat seorang Syekh yang sedang tidur di bawah pohon. Mereka lalu berencana untuk mengganggunya. Akhirnya mereka sepakat bahwa setiap orang dari mereka akan bertanya kepadanya dengan satu pertanyaan yang sulit, sehingga ia tidak dapat menjawabnya. Lalu mereka mendatangi syekh tersebut. Salah seorang dari mereka mulai bertanya, "Saya tidak dapat melihat Allah, bagaimana saya beriman kepadanya?" Orang kedua juga langsung bertanya, "Bagaimana Allah menentukan setiap perbuatanku, kemudian Dia menuntutku atas perbuatan itu?" Kini giliran orang yang ketiga bertanya kepadanya, 'Bukankah jin itu diciptakan dari api? Kalau begitu, bagaimana mereka akan diazab dengan api juga?" Setelah mendengar ketiga pertanyaan itu, maka syekh tersebut langsung melempar dengan tanah liat. Akhirnya, ketiga orang itu melaporkan syekh kepada gubernur karena merasa mendapat perlakuan yang kurang baik.

Mereka melaporkan, "Kami bertanya kepada syekh ini dengan tiga pertanyaan. Ia tidak menjawab pertanyaan kami, tapi ia malah melempar kami dengan tanah liat." Gubernur itu lalu ganti bertanya kepada syekh tersebut, Wahai Syekh, mengapa engkau tidak menjawab pertanyaan mereka?" Dengan tenang syekh itu pun menjawab, "Aku telah menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka." Ia kemudian melanjutkan, "Orang pertama mengatakan ia tidak beriman kepada Allah karena ia tidak dapat melihat-Nya. Maka aku pun melemparnya dengan tanah "Benar, Dan, lemparan itu membuatku kesakitan," kata orang pertama itu menyahut pun lalu kepadanya, Jika aku telah menyakitimu, maka tunjukkan mana rasa sakitmu itu? Selama aku tidak melihatnya, maka aku yakin kamu tidak merasa sakit.

"Kalau begitu, kenapa kau juga melemparku?" orang yang kedua kemudian bertanya Syekh itu kemudian menjawab, "Kamu bertanya kenapa Allah menuntutmu atas perbuatan yang telah di takdirkan Allah kepadamu? Maka, Allah telah menetapkan bahwa aku akan melemparmu, lalu kenapa kamu malah melaporkanku atas perbuatan itu?"

Syekh itu kemudian melanjutkan ucapannya,"Sedangkan yang ketiga menanyakan bagaimana Allah mengazab jin dengan api padahal ia terbuat dari api juga? Maka, saya pun lalu melemparnya dengan tanah. Dan lemparan itu telah menyakitkanku orang yang ketiga itu menyahut. Syekh itu pun lalu berkata, "Bukankah kamu diciptakan dari tanah? Bagaimana tanah itu bisa menyakitimu? Begitulah Allah mengazab jin dengan api walaupun mereka diciptakan dari api

H2
H3
H4
3 columns
2 columns
1 column
Join the conversation now