Istirahat Tidak Melaut di Hari Jumat

Boat-boat kecil milik nelayan tertambat di kanal Alue Naga, Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh. Para nelayan tidak pergi melaut di hari Jumat. Itu merupakan sebuah kearifan lokal yang diwariskan secara turun temurun dalam pranata adat melaut di Aceh.

1. boat2.jpg

Muara Alue Naga yang bersisian dengan kanal banjir Krueng Cut itu, selain sebaga tempat nelayan istirahat dan berteduh usai lelah melaut, juga kini menjadi salah satu destinasi dari objek wisata lokal.

2. boat.jpg

Setiap hari ramai pengunjung berdatangan ke sana, mulai dari para warga yang ingin membeli ikan segar pada pagi hari dari nelayan yang baru pualng melaut, juga para pemancing mania yang menjadikan kalan Krueng Cut dan Muara Alue Naga itu sebagai tempat memancing.

3. boat1.jpg

Khusus di Akhir pekan, seperti hari Sabtu dan Minggu, para pengunjung lebih banyak dari hari-hari biasanya. Mereka datang dari berbagai daerah di Kota Banda Aceh dan luar kota Banda Aceh untuk menikmati deburan ombak di pinggir Selat Malaka tersebut.

4. boat3.jpg

Bagi Anda yang ingin menikmati panorama keindahan pantai utara Kota Banda Aceh itu bisa berkunjung kesana, tiket masuk pada akhir pekan hanya Rp 2000 saja, sementara pada hari-hari biasa, Anda bisa bebas keluar masuk ke sana. Destinasi wisata pantai itu dikelola oleh masyarakat desa setempat dengan fasilitas yang masih minim dan sangat sederhana.

H2
H3
H4
3 columns
2 columns
1 column
3 Comments