Dari Panggung Dakwah ke Panggung Stand Up Comedy

PicsArt_03-04-06.11.06.jpg

Semenjak dari tahun 2015, saya sudah menekuni bidang melawak sambil berdiri, biasa kita dengar dengan sebutan Stand Up Comedy. Berawal dari dulu pada waktu tinggal di Pondok Pesantren, mental berbicara di depan orang ramai sudah terasah, saat saya mengikuti beberapa kali lomba pidato ataupun cerdas cermat. Semenjak lulus Sekolah Dasar (SD), saya sudah menempati salah satu pondok pesantren yang ada di Samalanga, Kabupaten Bireuen. Memang tidak berlangsung lama, hanya sekitar 6 bulan, lalu saya pindah ke pondok pesantren yang ada di Caleu, Indra Jaya, Pidie.

Foto g4ull(3627)-01.jpeg

Sekitar 3 tahun lamanya di Caleu, saya kembali pulang ke kampung halaman, dan saat itu saya tekun belajar di pesantren yang ada di Reului Busu, Pidie. Beberapa kali saya ikut lomba pidato, pada tahun 2011, beberapa kali juga saya berhasil mendapatkan juara 2, 3 dan 4.

IMG-20170702-WA0015.jpg

Sampai pada akhirnya saya memutuskan untuk tidak lagi tinggal di pesantren, dan saat itu juga juga saya mencoba untuk mengasah kemampuan untuk menjadi seorang komika, atau seorang pelawak tunggal sambil berdiri.

Pada awalnya berkecimpung di dunia stand up comedy, saya hanya mengandalkan beberapa teknik yang ada di Google, dan sering menonton video komika hebat tanah air. Sampai beberapa bulan kemudian saya bisa menulis materi ataupun konsep milik sendiri.

1480400754935.jpg

Di mulai dari tampil di acara-acara kecil di warung kopi tanpa dibayar sama sekali, hingga saya beberapa kali menang dalam kompetisi di beberapa tempat di Aceh. Terakhir juara 1 lomba stand up comedy kompetisi di Hotel Purnama, Bireuen. Lomba ini di ikuti banyak peserta dari beberapa Kabupaten/Kota.

SI_20160906_214010.jpg

Hingga saya bisa tampil di acara-acara besar, dengan bayaran sesuai materi. Sudah bisa tampil di Banda Aceh, Lamno, Calang, Meulaboh, Sabang, Sigli, Bireuen, Takengon, Lhokseumawe, Langsa, sampai bisa tampil di Bandung beberapa minggu yang lalu, walau tidak direncanakan sebelumnya. Itu sebuah kebanggaan dan ada rasa bahagia tersendiri bagi saya.

1491750954522-01-01.jpeg

Memang semuanya harus dimulai dengan kerja keras, semangat, fokus dan usaha yang kuat, demi sesuatu hasil yang maksimal. Oleh karena itu, bersabarlah, semuanya butuh proses. Lewati langkah demi langkah untuk menuju kesuksesan!

Terima kasih telah membaca, salam damai @rastaufik10

H2
H3
H4
3 columns
2 columns
1 column
Join the conversation now
Logo
Center