Friends Determining the Success of Someone (Eng&Bahasa)

friends.jpg

Illustration of friendship seringdicari.com


A person's success is still influenced by the environment in which he lives. One of the determinants of success is friends!

A friend is the person you choose to spend time with. That's why we have to be careful about choosing friends if we want a better future from now.

Tung Desem Waringin, one of the leading innovators in Indonesia, once told how a friend can be the key to one's success. He illustrates it in the story of Robert Kiyosaki, who had attended a seminar 22 years ago. In the seminar the instructor asked Robert to write down the names of six friends who most often spend time with him. The instructor then announced, "You are looking at your future, the six people who most often spend time with you are your future."

Then, Tung suggested to do the same to the participants seminarnya. They are asked to write six friends who most often pass the time together. Not just friends in everyday life, but it could be colleagues, spouses, children, religious groups or social groups.

"I personally did this job 6 years ago, my name list was dominated by colleagues, and now after 6 years passed, the other five people on my old list are still my best friends, but we rarely meet," said Tung Desem.

Tung then said, the six friends were pleasant people. Tung's friends managed to live happily with their lives.

"My change is just involving me, I want to change my future, to get it, I have to change my way of thinking, and as a result also change the people who spend time with me," said Tung.

The concept presented Tung Desem I think is right. Friends are the people who are able to change our mindset patterns and also become the determinant of how we achieve dreams. Actually the concept presented by this innovator has also long been a local wisdom for the people of Aceh. In Aceh, I've heard the saying, "ta meungon ngon pancuri, tanyoe-tanyoe jeut keu pancuri.(Friends with thieves, then we are also vulnerable to thieves, vice versa)."

So, have we determined who our friends should pass the time together to achieve the dream?

Based on this concept also I want to find friends who are able to support my success in the steemit platform. :-D

+++

Kesuksesan seseorang tetap dipengaruhi oleh lingkungan tempat dia berada. Salah satu faktor penentu kesuksesan ini adalah teman!

Teman merupakan orang yang anda pilih untuk menghabiskan waktu bersamanya. Untuk itulah mengapa kita harus berhati-hati memilih teman jika ingin masa depan yang diraih lebih baik dari sekarang.

Tung Desem Waringin, salah satu inovator terkemuka di Indonesia, pernah menceritakan bagaimana teman dapat menjadi kunci kesuksesan seseorang. Dia mengilustrasikannya dalam kisah Robert Kiyosaki, yang pernah mengikuti sebuah seminar 22 tahun lalu. Dalam seminar tersebut instruktur meminta Robert untuk menuliskan nama-nama enam orang teman yang paling sering melewatkan waktu bersamanya. Instruktur tersebut kemudian mengumumkan, "kalian sedang menatap masa depan kalian, keenam orang yang paling sering meluangkan waktu bersama kalian adalah masa depan kalian."

Kemudian, Tung menyarankan untuk melakukan hal serupa kepada para peserta seminarnya. Mereka diminta untuk menulis enam orang teman yang paling sering melewati waktu bersama. Tidak hanya teman di kehidupan sehari-hari, tetapi bisa saja rekan kerja, pasangan hidup, anak-anak, kelompok agama atau kelompok sosial.

"Saya pribadi waktu mengerjakan tugas ini, 6 tahun yang lalu, daftar nama saya didominasi rekan kerja. Sekarang setelah 6 tahun berlalu, kelima orang lain dalam daftar saya yang dulu masih menjadi teman baik saya, tapi kami jarang ketemu," ujar Tung Desem.

Tung kemudian mengatakan, keenam temannya itu merupakan orang-orang yang menyenangkan. Teman-teman Tung berhasil hidup bahagia dengan kehidupan mereka.

"Perubahan saya hanya melibatkan diri saya, saya ingin mengubah masa depan saya. Supaya berhasil mendapatkannya, saya harus mengubah cara berfikir saya, dan sebagai akibatnya juga mengubah orang-orang yang menghabiskan waktu bersama saya," kata Tung.

Konsep yang dipaparkan Tung Desem ini saya rasa tepat. Teman adalah orang-orang yang mampu mengubah pola fikir kita dan juga menjadi penentu bagaimana kita mencapai impian. Sebenarnya konsep yang dipaparkan inovator ini juga telah lama menjadi kearifan lokal bagi warga Aceh. Di daerah Aceh, saya pernah mendengar pepatah, "ta meungon ngon pancuri, tanyoe-tanyoe jeut keu pancuri.(Berteman dengan pencuri, maka kita juga rentan menjadi pencuri. Begitu juga sebaliknya)."

Jadi, sudahkah kita menentukan siapa teman yang patut kita lewati waktu bersama demi meraih impian?

Dilandasi konsep ini pula saya ingin mencari teman-teman yang mampu mendukung kesuksesan saya di platform steemit. :-D

H2
H3
H4
3 columns
2 columns
1 column
Join the conversation now