Modus Penipuan Atas Nama Gojek

Dear steemit friends,

image

source image

Sekitar dua jam yang lalu, tepatnya pukul 13.00 WIB saya mendapatkan telepon misterius dari nomor yang tidak dikenal. Kurang lebih begini dialog antara saya dan penelpon,

"Selamat siang." ucap si penelpon misterius.

"Iya selamat siang, maaf ini siapa?

"Benar anda pemilik nomor telepon ****? Selamat anda mendapatkan hadiah uang senilai 3 juta rupiah dari gojek." lanjut penelpon misterius tadi.

Ah, sudah jelas pasti dia penipu!

"Oh iya." balas saya datar.

Tadinya mau saya matikan saja, tapi saya penasaran, apa yang akan dilakukan penelpon misterius yang aku duga sebagai penipu tersebut.

"Nah, anda mendapatkan sms dari gojek? Coba beritahu kami berapakah kode yang terdapat pada sms tersebut?" ujar si penelpon misterus.

"Oh begitu? Saya lihat nanti ya." jawab saya malas.

Mendengar jawaban saya yang tak antusias, penelpon misterius tadi mulai terlihat mulai kesal, dan memaksa saya untuk melihat sms tersebut. Baiklah, saya coba untuk mengikuti permainannya dan membuka sms tersebut. Dari sana saya tahu bahwa penelpon tadi mengincar password akun gojek saya.

image

Sms dari Gojek, jangan pernah memberitahu kode tersebut.

"Tapi di sms ini tidak boleh memberikan kodenya ke siapapun." ucap saya kepada penelpon.

"Nah iya anda benar sekali. Tapi karena anda telah mendapatkan hadiah bisa diberitahukan berapa kode tersebut?" lanjut penelpon misterius.

Duh. Bener kan! Dasar Penipu ke laut aje yeee.

Karena takut terkena hipnotis, langsung saja saya matikan telepon dari penipu tersebut. Tapi saya penasaran untuk apa dia mengincar kode verifikasi saya? Padahal, hanya sekali menggunakan akun gojek, itupun saya membayar dengan uang tunai karena saya tidak mengisi saldo go pay.

Beruntunglah, ada website yang siap diberikan pertanyaan apapun. Tangan saya segera berselancar ke mesin pencari informasi untuk mengobati rasa penasaran. Dari google, saya menemukan orang-orang yang memiliki pengalaman serupa seperti saya. Modusnya juga sama penipu mengaku bahwa kita mendapatkan hadiah yang kemudian kita akan diberi pilihan untuk mencairkan hadiahnya lewat go pay atau atm. Kalau kita memilih lewat atm sudah tau kan kira-kira apa kelanjutannya?

Biasanya setelah kita memberitahukan kode verifikasi tersebut, dia akan membobol akun kita dan apabila kita memiliki saldo go pay, dia akan menyalahgunakan saldo tersebut. Jadi, jangan pernah memberitahu kode verifikasi tersebut kepada siapapun ya?

info lain mengenai modus penipuan tersebut bisa klik di bawah ini

http://www.gojakgojek.com/2018/02/jenis-jenis-penipuan-atas-nama-gojek.html?m=1

https://www.google.co.id/amp/s/www.kompasiana.com/amp/www.kompasioana.com/59eff86296bb08108c5a2382/hati-hati-penipuan-atas-nama-gojek

Semoga bermanfaat dan tetap waspada ya!





image
Salam hangat,
@yulimia

H2
H3
H4
3 columns
2 columns
1 column
Join the conversation now