How do You Memorize All Capitals of Countries in The World?

Ketika kelas 4 SD, saya mulai rajin membaca. Ada buku yang menarik yang saya baca waktu itu: "Negara dan Bangsa". Di situ tertera profil semua negara di dunia. Bukan hanya negara merdeka, tetapi juga daerah yang masih berstatus daerah otonomi khusus ataupun provinsi seberang lautan, seperti Hongkong, Kaledonia Baru, Guyana Perancis, Samoa Amerika, dan masih banyak lainnya. Alhamdulillah, sejak saat itulah saya bisa menghafal ibukota semua negara di dunia. Padahal, belajar tentang negara-negara di dunia (dalam IPS) baru mulai kelas 6 SD!

Liechtenstein.jpg

Jadi tanpa disadari saya sudah melakukan persiapan 2 tahun sebelum hari H. Hehe... Sehingga, ketika UN SD, saya santai saja menjawab soal-soal IPS. Ini memang kebanggaan tersendiri, namun bukan maksud sombong, malahan ada pelajaran yang dapat saya ambil dari ini.

Untuk melakukan persiapan itu memang harus jauh-jauh hari. Itulah pelajarannya yang dapat saya ambil. Kalau terburu-buru, tidak akan matang otak ini terasah. Tak terbayang di benak saya mengapa bisa saya tebak langsung nama ibukota negara.
"Swedia?" "Stockholm."
"Panama?" "Panama City."
"Polandia?" "Warsawa."
"Moldova?" "Kishinev."
"Burkina Faso?" "Ouagadougou."
"Kiribati?" "Tarawa."
"Trinidad & Tobago?" "Port of Spain."
"Liechtienstein?" "Vaduz."
Bla bla bla...dst.

Burkina Faso.jpg

Sepele memang. Tetapi kalau Anda belajar mempersiapkan jauh-jauh hari, itu akan membawa dampak yang signifikan. Anda tidak akan panik lagi pas "Hari H"-nya, karena Anda sudah siap. Kalau terburu-buru, apapun akan menjadi amburadul, pikiran Anda menjadi gusar. Yeah, penyesalan memang selalu datang di akhir.

Untuk itu saya berharap, mudah-mudahan tulisan ini bisa menjadi inspirasi bagi kita semua. Kalau mau belajar jangan waktu mau ujian. Kalau mau S2 ke luar negeri, jangan pas waktu itu baru belajar bahasa Inggris untuk persiapan TOEFL. Belajarlah jauh-jauh hari, agar hasilnya akan menjadi lebih efektif.

Trinidad & Tobago.gif

Sumber foto :
http://www.liechtensteinusa.org/page/about-liechtenstein
https://id.wikipedia.org/wiki/Burkina_Faso
https://en.wikipedia.org/wiki/Trinidad_and_Tobago

H2
H3
H4
3 columns
2 columns
1 column
Join the conversation now
Logo
Center