Menyongsong KKN PPM Unimal


image


Sebagai mahasiswa tingkat akhir, sebentar lagi saya dan teman-teman seangkatan akan menyusun tugas akhir bernama skripsi. Itu adalah hasil akhir perjalanan saya sebagai mahasiswa dalam meraih gelar sarjana. Namun, sebelum berhadapan dengan skripsi terlebih dulu ada momok yang lebih menantang bernama KKN.

KKN adalah singkatan dari Kuliah Kerja Nyata. Pada saat KKN inilah mahasiwa "ditagih" kontribusinya untuk masyarakat. Mereka berbaur dengan masyarakat dan benar-benar mengaplikasikan ilmunya untuk setidaknya bisa meringankan beban masyarakat selama sebulan.

Beberapa teman sudah tak sabar menghadapi KKN. Katanya KKN itu bagai petualangan singkat yang memberikan kesan mendalam bagi setiap mahasiswa. Adapun beberapa teman lainnya justru resah dan tak suka dengan KKN. Katanya, KKN sangat sulit, menguras pikiran dan juga menipiskan kantong tentu saja.


image


Saya sendiri masih rada-rada bingung menghadapi KKN ini. Dibilang susah, gak susah. Dikata senang juga tak senang. Yang jelas KKN itu bagian dari perjalanan saya sebagai mahasiswa dalam mengentaskan studi dan mendapat gelar sarjana. Mau tak mau ya harus diikuti kan..

Dan kalau boleh berharap, saya ingin KKN tahun ini diadakan tak jauh-jauh dari Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara. Bukan tanpa alasan, kalau misalnya KKN nya jauh, itu akan menghambat jadwal saya dalam menyelesaikan proposal skripsi. Pulang ke rumah jauh. Dan mengerjakan proposal skripsi di tempat KKN adalah tak benar. Karena KKN adalah KKN. bukan tempat untuk bikin skripsi.

Inilah yang sampai saat ini masih mengganjal di pikiran saya. Tapi tetap harus dijalani. Kalau bisa jujur, saya ingin sekali bersikap santai dan berlaku sewajarnya tentang KKN. KKN, menurut saya, adalah kegiatan yang sebenarnya tak perlu di ribet driver kan. Tapi namanya juga perempuan. Kadang hal sekecil apapun bisa menjadi sangat ribet.


image


Seorang teman dekat mengetahui bahwa saya sedang memikirkan KKN saat ini. Dia tahu saya resah. Sehingga dia pun menyarankan agar saya piknik dulu ke tempat jauh yang tak perlu saya ketahui namanya. Yang penting saya harus piknik katanya. Teman yang lain justru lebih ekstrim. Dia menyuruh saya merried dulu sebelum KKN agar tenang. Ini saran paling gawat sepertinya.

Tapi ya kembali ke awal tadi. KKN adalah kegiatan yang mau tak mau harus saya ikuti. Dan tentang harapan tadi, saya memang berharap KKN kali ini diadakan di seputaran Lhokseumawe atau Aceh Utara. Semoga salah satu harapan saya tentang KKN benar-benar menjadi kenyataan. Saya sangat berharap demikian. Inilah postingan saya malam ini. Semoga bermanfaat..

Salam,

@rinapandia109 😊

H2
H3
H4
3 columns
2 columns
1 column
Join the conversation now