Saweu Dayah Droe (ketika rumah memanggilmu pulang)

image
Foto dari grup WA Alumni PADI

Ada kalanya beberapa bagian hidup kita yang jadi kenangan, ingin dilupakan. Sebab apa? Sebab itu kenangan buruk? Atau sebab menjadi kenangan yang tak bisa ia ulang? Atau mungkin memang tidak perlu diingat. Atau mungkin sebab menjadi rindu, lalu berat. Lalu kau tak sanggup. Dan biar aku saja. Ahaha.

image
Poster dari Grup Alumni PADI

Kemarin aku dapat undangan pulang. Ups, bukan aku saja. Tapi semua alumni dayah. Baik itu yang tamat enam tahun. Ataupun tiga tahun. Yang jelas siapapun pernah tidur dan belajar disana, itu diundang. Lantas siapa yang tidak ingin pulang? Siapa yang tega menolak panggilan rumah. Semua punya keinginan pulang. Namun tidak semua mendapatkan kesempatan. Ada kalanya ketika kau diundang, kau jauh di negeri orang. Ada pula kau yang tinggal di seberang jalan, tak jua pulang sebab disibukkan pekerjaan.

Begitupun aku, beberapa hari sebelum kepulangan. Aku dikejar kegiatan. Tugas dan kerja bertindih membukit. Beberapa rekan sibuk dengan urusannya. Sehingga tak ada yang bisa lagi ku amanahkan pekerjaan. Dan lalu aku tak bisa pulang (lagi) ke dayah.

image
Muhadharah Malam Jum'at (dikirim lewat grup WA PADI)

Sejatinya, ini adalah undangan pertama yang kuterima secara resmi. Tidak lagi secara mewakili. Dan ini pertama kali dilaksanakan oleh pengurus alumni yang yang bertujuan untuk mengabdi. Meski sehari. Bayangkan, kau diizinkan tidur dan melakukan aktifitas layaknya santri lagi. Betapa malang nasibku tak bisa ikut menikmati itu hari. Sungguh itu pasti nikmat sekali.

Dan terima kasih sekali kepada rekan yang setia mengabarkan dan mengabadikan setiap moment yang terjadi. Sungguh rindu itu sangat berat. Kau tak akan sanggup. Biar aku saja. Ahaha.

H2
H3
H4
3 columns
2 columns
1 column
Join the conversation now
Logo
Center