Kontes Ark-Batik periode-1 : Selfie Memakai Batik Megamendung dari Cirebon

Hai sahabat steemit dan sahabat arkecosystem dimana pun anda berada.
Senang sekali sampai saat ini saya masih diberikan kesehatan, pada hari ini saya ingin coba mengikuti kembali kontes Ark-Batik yaitu selfie berbusana Batik periode-1 yang di sponsori oleh @jarunik dan Arkecosystem. Sebenar nya saya agak sedikit malu karena ini merupakan kontes foto selfie pertama kali nya yang saya ikuti, saya harus jeprat jepret berpose sendiri bak foto model๐Ÿ˜„. Tapi tidak apa lah inti nya Pede(percaya diri) dan sudah berani๐Ÿ˜†.

image


image

Batik yang saya pakai ini merupakan Batik motif Megamendung atau lebih dikenal dengan ikon Batik daerah Cirebon dan juga dari daerah Indonesia lainnya, tapi jarang ditemui di daerah penghasil Batik lain. Batik Megamendung ini sudah terbukti ketenaran nya sampai manca negara dan rencananya Departemen Kebudayaan dan Pariwisata akan mendaftarkan motif Megamendung ini ke UNESCO untuk mendapat pengakuan sebagai salah satu warisan budaya dunia dan sejak tanggal 2 Oktober 2009 Batik motif Megamendung ini resmi diakui. Ternyata Motif Batik Megamendung juga pernah dijadikan cover sebuah buku lho.. Buku tersebut berjudul Batik Design terbitan luar negeri, karya dari seorang kebangsaan Belanda yang bernama Pepin Van Roojen.

image


image


image

Sedikit yang saya ketahui Mega mendung ini terdiri kata Mega yang berarti langit atau awan, tapi kalau Mega Regency jangan salah ya" itu alamat rumah saya".. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜. Sedangkan mendung yang berarti langit yang meredup biasanya saat akan turun hujan. Jadi filosofi Batik Megamendung sendiri adalah jangan mudah marah atau panasan dan makna yang terselip di balik motif ini Pesan nilai Kesabaran. Menurut Budayawan Cirebon Elang Hilman motif Batik Megamendung ini tidak hanya terdapat dikain Batik, motif tersebut juga ada di Kereta Jempana milik Keraton Kanoman Cirebon. Itulah sedikit yang saya ketahui tentang motif Batik Megamendung ini semoga produk Indonesia bisa bernilai di mata Dunia.

image

Di kontes Ark-Batik periode-1 saya ingin mengajak kedua teman saya untuk berpartisipasi di kontes ini dia adalah @sipitung dan @yohanes,, yukkk kita perkenalkan Batik Indonesia ke mata Dunia.

Terima kasih sudah mengunjungi post ini, terima kasih juga untuk Arkecosystem dan @jarunik selaku sponsor pada kontes ini, terima kasih juga kepada @hadipedia dan @amuchtar yang sudah mendukung terselenggaranya kontes ini, mohon maaf bila ada kekurangan.

Alamat Dompet Ark saya

  • APJtJwUSELXae5rWewK5qMdYe1jTjy2gps

Hidup produk Indonesia... ๐Ÿ™‹๐Ÿ™‹๐Ÿ˜„

Cikarang, 14 November 2018

Warm regards

By @maryamalda.

H2
H3
H4
3 columns
2 columns
1 column
Join the conversation now
Logo
Center