Membangun Komunitas di Steemit Memerlukan Pengorbanan, Perjuangan, dan Kebesaran jiwa

Apa kabar sahabat steemian? Saya berharap kita semua selalu bersemangat dan tetap memiliki energi untuk tetap menulis. Sekecil apapun buah pikiran kita, sepanjang isinya bisa memberi inspirasi bagi orang lain untuk berbuat kebaikan, pasti akan selalu ada manfaatnya.

Sahabat steemian, kali ini saya akan bercerita tentang aktivitas saya kemarin siang. Saya dan beberapa sahabat berkumpul di rumah teh @mariska.lubis di Komleks Perumahan Pondok Hijau, Kabupaten Bandung Barat. Lokasinya tidak jauh dari Pesantren Darut Tauhid pimpinan Aa Gym yang sangat kesohor tersebut.

Gambar 1.jpg

Pertemuan kami kemarin tidak lain untuk menjalin tali silaturahim antara para penulis yang tergabung dalam Komunitas Steemit Indonesia (KSI) Chapter Bandung, sekaligus mendeklarasikan pendiriannya. Tentu tidak mudah mengumpulkan orang yang berasal dari berbagai penjuru Kota bandung yang masing-masing memiliki kesibukannya sendiri. Namun, dengan mengesampingkan perbedaan, ego, dan kepentingan pribadi, pertemuan tersebut bisa terjadi.

Gambar 2.jpg

Gambar 3.jpg

Gambar 4b.jpg

Secara pribadi saya mengucapkan terima kasih kepada teh Mariska yang telah menggagas acara tersebut. Beliau dengan suka rela sudah menyediakan waktu, tempat, dan suguhan makan siang gratis yang tidak mungkin kami lupakan. Apalagi sahabat kami Bu @cicisw yang juga ikut berpartisipasi membawa suguhan cemilan tradisional berupa ubi-ubian, pisang, dan kacang rebus yang nikmat sekali.

Pertemuan semacam ini tidak harus dilakukan ditempat yang mahal dan mewah. Juga tidak harus mengeluarkan biaya mahal. Buktinya, kami KSI Chapter Bandung bisa melakukannya dibawah pohon rindang, dalam sebuah pondok kecil dan sederhana, di tengah sebuah taman kompleks perumahan. Semua itu bisa terjadi karena ada energi kebersamaan, keihklasan, dan saling memiliki yang tumbuh dalam sanubari kami semua, Steemian Bandung.

Gambar 4.jpg

Gambar 5.jpg

Kumpul dan duduk bersama, sambil berdiskusi tentang dunia kepenulisan di tanah air, rasanya begitu enjoy. Membicarakan tentang nasib bangsa dan bukan bicara tentang kepentingan diri sendiri, rasanya begitu indah. Ini bukan bicara tentang apa yang bisa kita dapatkan, melainkan apa yang bisa kita berikan. Ketika kita mau berbagi, maka kelak Tuhan akan mengembalikannya kepada kita dengan reward yang berlipat ganda.

Membangun komunitas dalam platform yang baru saya kenal bagi saya menjadi tantangan tersendiri. Apalagi baru sebulan saya bergabung di sini. Namun, dalam kurun waktu yang relatif singkat itu, saya merasa memiliki sesuatu yang lain dan perlu diperjuangkan, yaitu keberadaan Steemit itu sendiri. Saya merasa perlu orang-orang yang mau peduli untuk ambil bagian dari pengembangan komunitas ini. Tentu saya dan teman-teman yang hadir dalam pertemuan tersebut termasuk orang-orang yang saya maksudkan.

Saya pernah mendirikan beberapa komunitas dan sampai sekarang masih eksis dan berkembang dengan baik. Pengalaman mendirikan komunitas menjadi bekal yang bisa membantu saya dalam ambil bagian untuk ikut membesarkan Steemit di Indonesia. Menurut data yang saya dapat, saat ini Steemit baru berkembang di Aceh dan sudah banyak masyarakat Aceh yang merasakan manfaatnya. Tentu akan lebih baik lagi kalau platform yang cantik ini juga bisa menyebar ke segala penjuru tanah air kita, Indonesia.

Gambar 6.jpg

Kita juga tidak boleh menutup mata atas jasa orang Indonesia yang telah membawa Steem dan Steemit ke Indonesia. Kita ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Mas @levycore dan Mas @aiqabrago yang sudah membawa dan menyebarkannya ke Indonesia. Dedikasi serta kepedulian sosial yang tinggi putra terbaik bangsa ini patut kita acungi jempol. Salam hormat untuk Andakalian berdua. We love you forever. Biarlah sejarah yang akan mencatatnya dan Allah yang akan membalas budi baik saudara berdua.

Seperti yang sudah diutarakan oleh Teh Mariska dalam postingannya, bahwa kami KSI Chapter Bandung dalam waktu dekat akan mengadakan pertemuan akbar. Tentu semua ini bisa terwujud karena banyak pihak yang ikut berpartisipasi dan bersimpati terhadap komunitas ini. Semua anggota yang sudah tergabung dan calon anggota akan segera bergabung, bersama-sama akan mewujudkan mimpi tersebut. Kita bisa kalau kita bersama. Kita akan besar kalau kita kompak dan bersinergi.

Saya bersama Ketua KSI Chapter Bandung Teh @mariska.lubis dan segenap anggota: @adrienoor, @gerryadiagusta, @bobbycahya, @ekonugraha, @jabrik, @ettydiallova, @cicisw, @gethachan, @diantikaie, @muhammadhaidar, @anisaibrahim, dan @dedehartini siap membesarkannya. Ayo kita berjuang bersama untuk membesarkan Steemit di Bandung dan indonesia.

Salam pena kreatif dari Bandung untuk Indonesia.


Logo Steemit.jpg

Jargon Komunitas Steem Indonesia.jpg

H2
H3
H4
3 columns
2 columns
1 column
Join the conversation now
Logo
Center