Indonesiaku di Mata Dunia I Contribution for Indonesia

Feriald.jpg

Cita-cita saya sewaktu kecil adalah menjadi seorang guru. Sampai sekarang pun saya ingin menjadi seorang guru. Namun belum juga kesampaian.

Passion saya memang mengajar. Dulu ketika teman saya ingin diajarkan tentang mata kuliah yang saya bisa, semangat saya menggebu-gebu untuk memberikan sedikit ilmu kepadanya.

Rencana kedepan untuk Indonesia, saya ingin mencari beasiswa master. Tahun 2016 saya gagal dapat beasiswa master ke Arab. Tahun 2018 ini saya mencoba untuk beasiswa Turki atau lebih dikenal dengan nama Turkey Burslari Scholarship. Pengumumannya sekitar bulan Mei mendatang.

Jika saya lolos tahap administrasi maka saya lanjut tahap interview. Interview akan dilaksanakan di Jakarta atau Aceh. Saya tidak tahu kenapa Aceh dijadikan tempat interview. Apakah karena banyaknya Steemian? Haha jelas bukan. Kalau di Jakarta memang ada Kedubes Turki.

Saya disana rencananya mengambil jurusan Chemical Engineering dengan konsentrasi Nanotechnology. Sewaktu mendaftar beasiswa Turki pun saya memberikan judul, deskripsi, dan metode penelitian tesis saya.

Judulnya berkaitan dengan hidrogen. Nah, hidrogen ini adalah energi yang menjanjikan untuk masa depan. Kenapa? Karena hidrogen adalah energi terbesar bahan bakar. Salah satu kekurangan dari hidrogen adalah tempat penampungan atau tankinya.

Tanki hidrogen tidak bisa menampung dalam jumlah banyak. Hal ini dikarenakan dari tanki yang bertekanan yang tinggi. Dari sanalah yang melatarbelakangi judul tesis saya.

Dengan bantuan nano carbon aktif, saya mengasumsikan luas permukaannya lebih besar dan bisa menampung hidrogen dalam jumlah yang lebih banyak. Nano carbon aktif ini bertugas sebagai isolator tanki hidrogen.

Penelitian ini terkendala dengan binder atau bahan perekat yang bagus untuk memperkuat lapisan nano carbon aktif. Maka dari itu penelitian ini juga bertujuan mendapatkan bahan perekat yang pas. Sehingga bisa memperkuat dan mengurangi nilai risiko berkurangnya luas permukaan nano carbon aktif.

Jik penelitian ini berhasil, saya ingin mengaplikasikannya di Indonesia. Indonesia bisa semakin kaya sumber daya alam dan sumber daya energi.

Maka dari itu saya sangat berharap bisa lolos beasiswa dan bisa berkontribusi untuk Indonesia dan ambil bagian untuk penelitian dalam skala besar untuk Indonesia.

H2
H3
H4
3 columns
2 columns
1 column
Join the conversation now
Logo
Center