Jangan Abaikan Bandwidth!

sketch-1526567583110.png
design by me

Istilah Bandwidth, sebelumnya saya pertama tahu saat bang @ahmadnayan salah satu leader di KSI chapter Taiwan memposting tentang bandwidth pada tanggal 24-April-2018. Postingannya bisa dilihat disini.

Pagi tadi selepas sholat subuh saya menyempatkan berselancar di steemit, saat mau upvote dan komentar di sebuah postingan tiba-tiba tidak bisa terproses dan dikagetkan dengan pesan "Bandwidth limit exceeded, please wait to transact or power up".

Terus terang saya selama ini begitu abai pada Bandwidth, yang saya perhatikan hanya presentase Voting Power. Alhasil saat saya lihat di https://steemd.com nama akun saya pada kolom bandwidth tertera bahwa bandwidth rendah dan harus menunggu 468 jam sekian menit sekian detik untuk bisa full kembali. Woww, saya kaget kalau diakumulasi hari kira-kira hampir 20 hari. Kemudian saya ingat tentang postingan bang @ahmadnayan segera saya cari dan saya baca. Solusinya power up nilai steem menjadi steem power. Teng...teng ternyata nilai steem pun saya tak punya, bagaimana bisa power up. Akhirnya menyerah dan bersabar menunggu.

Tapi saya merasa ragu juga, akhirnya saya beranikan diri bercerita pada bang @ahmadnayan melalui Whatsapp, berharap mungkin ada solusi lain atau memang saya harus benar-benar menunggu. Jawaban yang saya dapat dari beliau menyuruh saya untuk UpVote witness 10-15 orang saja dan disertai link untuk UpVote witness. Sebenarnya saya nggak ngeh sama sekali, saya berfikir "kok upvote witness?" tetapi tetap saya laksanakan. Sudah saya nggak ngecek apapun lagi. Saya berfikir mungkin saatnya saya istirahat dulu dari steemit.

Saya pamitan di grup WA Ksi-tw karena takutnya kalau tiba-tiba hilang nanti dikira kabur, (padahal nggak ada yang ngira) saya bilang saya kehabisan bandwidth dan mungkin off kurang lebih satu bulan. Mbak @nnaachlam yang nyeletuk pertama bilang bahwa bandwidth saya penuh, saya sempat heran "tadi kosong kok sekarang penuh?" Disusul Mbak @ettydiallova selaku leader ksi-tw juga mengatakan untuk UpVote witness. Disitu saya baru benar-benar Ngeh ternyata yang disuruh Upvote witness oleh bang @ahmadnayan tadi adalah solusi bagi saya atau steemian baru pada umumnya ketika habis kuota bandwidth bisa dengan upvote witness.

Saya sangat berterimakasih juga senang bisa berada di lingkungan KSI-Tw yang selalu ada buat semua anggotanya. Mbak @ettydiallova yang selalu tak letih untuk menyemangati kami juga bang @ahmadnayan yang sering memberikan solusi pertanyaan-pertanyaan anggota KSI-Tw.

Sekelumit shock therapy pagi, panik karena habis bandwidth.

Sebenarnya bandwidth itu apa sih?

Bandwidth dalam steemit lebih diartikan seperti kuota transfer data yang dibutuhkan setiap aktivitas di steemit mulai upvote, komentar, posting, resteem, edit postingan/komentar, upload gambar pada sebuah akun steemit yang dihitung dalam kilobyte per detik.

Screenshot_2018-05-17-22-06-45.png
Bandwidth harian saya di steemit

Jumlah bandwidth dibatasi sesuai level akun di steemit setiap minggunya. Kebanyakan steemian dengan level plankton lebih cepat kehabisan bandwidth secara tidak sadar. Selain jumlah aktivitas kita di steemit yang berpengaruh terhadap jumlah bandwidth, juga jam-jam sibuk aktivitas pengguna steemit di seluruh dunia, biasanya pada jam-jam malam hari, tengah malam. Sehingga akan terjadi penurunan jumlah bandwidth secara drastis. Aktivitas di malam hari memang sangat menguntungkan dari banyaknya steemian aktif tapi bagi kita yang baru dengan kuota bandwidth yang tipis sebaiknya menghindari aktivitas malam.

Berbagai cara menghindari melemahnya jumlah bandwidth yang saya rangkum dari postingan-postingan steemian senior, misalnya:

1- menambah daya steem power dengan cara power up nilai steem.
Mengkonversi nilai SBD menjadi nilai steem kemudian di power up menjadi steem power. SP yang besar akan membuat bandwidth yang dimiliki juga makin besar, sehingga tidak kesulitan berSteemit di jam-jam sibuk. Ini bagi yang sudah punya penghasilan. Kalau bagi steemian baru seperti saya juga mungkin dengan menseting pendapatan postingan kepada jumlah 100% SP saja.

2- upvote pada witness
Seperti solusi yang saya dapat dari mbak @etty dan bang @nayan. Vote witness maksimal 30 orang, tapi saran yang saya dapat cukup vote 5-10 orang saja. Saya coba cari-cari alasan kenapa vote witness bisa menambah kuota bandwidth. Jawabannya witness atau saksi adalah orang yang nantinya akan punya tugas cukup besar di steemit salah satunya menyediakan atau menyimpan bandwidth untuk menampung blockchain yang berisi semua konten, . Memvoting mereka membuat kita termasuk steemian yang diutamakan juga aktivitas kita, seperti mempercepat proses transfer data dan kuota bandwidth.

3- mengurangi aplikasi pihak ke tiga juga bisa menghemat kuota bandwidth.

4- membatasi memposting gambar dan video yang berlebihan. Atau sebelum di upload gambar di kompress dulu supaya ukurannya tidak besar.

Benarlah bahwa pengalaman adalah guru paling berharga, dan pengalaman hari ini membuat saya sedikit banyak tahu tentang bandwidth steemit dan bisa berbagi dengan sahabat steemian lainnya yang mungkin suatu saat mengalami hal seperti saya ataupun yang selama ini abai pada Bandwidth mulai untuk sering memeriksanya.

Terimakasih sudah membaca. Semoga bermanfaat

Salam sukses,
@dwiitavita

DQmNYVk6VCjZXBdGVTHyJsrNf2KG9yJvB88P5ogTQcJhm9x.gif

H2
H3
H4
3 columns
2 columns
1 column
Join the conversation now
Logo
Center