Berusahalah Menulis Dengan Benar

menulis..jpg


SETELAH melihat dan mengikuti dengan saksama berbagai macam artikel yang berseliweran di Steemit maka bisa saya simpulkan masih banyak yang memiliki kemampuan menulis di bawah standar. Mohon maaf mungkin saja ada yang tidak suka dengan pernyataan saya ini. Tapi Itulah faktanya.

Penilaian ini muncul karena saya terlalu sering menemukan artikel dengan tata bahasa tulisan yang amburadul. Masih ada pengguna Steemit yang masih mengabaikan kerapihan menyusun kata-kata, membiarkan satu paragraf terlalu panjang. Hanya membubuhi banyak tanda koma dan diakhiri dengan tanda titik. Sungguh merusak mata untuk dibaca.

Banyak sekali saya menemukan penulisan yang salah karena mereka menulis seperti ini: dimana, diwaktu dan diantara. Ini adalah contoh kecil. Seharusnya yang betul karena menunjukkan tempat maka ditulis: di mana, di waktu dan di antara. Mengapa “di” harus ditulis terpisah? Karena menunjukkan tempat.

Namun anehnya justru artikel yang ditulis seperti itu banyak mendapat vote. Saya yakin orang yang memberikan vote tidak pernah tuntas membacanya. Lagi-lagi kita memperbincangkan soal kualitas sebuah artikel yang diposting. Jadi kalau bicara kualitas bukan hanya konten saja tapi termasuk juga tata bahasa tulisan.

Bagaimana mungkin kita bicara kualitas postingan di Steemit tapi mengabaikan tata bahasa tulisan yang baik dan benar sesuai kaidah bahasa Indonesia. Jangan-jangan motif bergabung di Steemit lebih banyak dipengaruhi karena ingin mendapatkan uang. Kalau ini alasannya tentu kita tidak akan pernah mendapatkan artikel yang berkualitas.

Salah satu cara meningkatkan kualitas tulisan adalah banyak membaca karya orang lain. Catat ya, tulisan bagus tidak akan lahir kalau si penulis malas membaca tulisan orang lain.

Oleh karena itu saya memberikan apresiasi kepada @jharyadi dari Bandung yang telah membuat postingan berseri tentang latihan menulis. Saya baca yang beliau tulis sangat mendasar sehingga memudahkan untuk dipelajari karena ada contohnya.

Untuk penggguna di Steemit, kalau mau belajar menulis mesti rajin menyimak postingan @teukumukhlis, @ayijufridar, @zainalbakri, @masriadi, @teukukemalfasya, @andifirdhaus, @hermanrn, @razack-pulo, @bahagia-arbi, @mariska.lubis dan @rismanrachman. Belajarlah menulis dari postingan mereka ini.

Semoga yang telah saya sampaikan di sini bisa diambil nilai positif. Buang jauh-jauh prasangka buruk. Sampai jumpa di tulisan saya berikutnya.

Salam,
@dsatria

--
Sumber Foto: republika.co.id

H2
H3
H4
3 columns
2 columns
1 column
Join the conversation now
Logo
Center