Menggunakan LineageOS | Aplikasi Alternatif

Untuk default app, LineageOS sudah menyediakan aplikasi-aplikasi yang standar siap pakai untuk sebuah smartphone, Seperti aplikasi untuk call, contact, sms, radio, gallery, email, kalkulator, jam, kalender, file explorer, musik, recorder, sim toolkit, serta launcher (Trebuchet). Sedangkan Untuk Aplikasi Seperti Whatsapp, Instagram, dan line, saya masih menggunakan aplikasi resmi dari google play store, tetapi instalasinya bukan lewat play store, melainkan lewat aplikasi Aurora Store (selanjutnya akan saya jelaskan pada bagian aplikasi alternatif).
Selain itu, berikut ini beberapa aplikasi alternatif google yang saya gunakan untuk mengakses map, youtube tanpa harus menginstall GMS (Google Mobile Service) :

Aurora Store & F-Droid
Dua aplikasi store ini sangat membantu dalam menginstall aplikasi di android yang tidak ada google servis nya. F-Droid adalah aplikasi yang pertama sekali saya install (download di https://f-droid.org/). Selanjutnya dari F-Droid bisa menginstall Aurora Store, Twidere (alternatif Twitter), OsmAnd (Alternatif Google maps), dan sebagainya. F-Droid tidak membutuhkan akun untuk menjalankannya. Seperti linux pada umumnya, F-droid membutuhkan repository untuk mendapatkan list aplikasi dan saya berharap kedepannya ditambahkan repository dari aplikasi yang umum digunakan seperti repo app fb, WA, IG atau yang lainnya karena ini adalah kekurangan F-droid bagi user seperti saya. Tapi kekurangan itu ada solusinya, yaitu aurora Store yang didownload dari F-Droid tadinya.
img_0.07341288514880107.jpg

Aurora Store membutuhkan akun user untuk bisa mengginstall aplikasi-aplikasi, karena semua aplikasinya di download dari Play Store. User bisa menggunakan akun google untuk mendapatkan aplikasi tersebut tetapi untuk seseorang yang peduli masalah privasi (Baca : Google spying on us), Aurora Store menyediakan akun gmail anonymous yang bisa digunakan user untuk menginstall aplikasi.
img_0.2697326081865455.jpg

OsmAnd
Aplikasi navigasi alternatif google map yang menyediakan fitur-fitur yang cukup lengkap dan bisa dijalankan secara online (setelah Download map). Menyediakan travel giude, Plugins seperti Nautical map view, Ski map, trip recording, dll. Beberapa kekurangan yang saya temukan di OsmAnd seperti nama desa yang bergeser jauh membuat map ini tidak cocok untuk digunakan untuk bepergian keluar kota. Pengalaman pribadi saya, map masi bisa digunakan untuk navigasi di Kota Banda Aceh, tapi kalo untuk luar Banda Aceh seperti Aceh Besar, Sigli, Dan Lainnya, pergeseran mapnya terlalu jauh.
img_0.0298006490958261.jpg
img_0.17350088452333842.jpg

Here WeGo
Aplikasi navigasi alternatif google map yang lebih presisi dibandingkan OsmAnd (menurut pengalaman saya pakai di Banda Aceh). Tersedia juga akses map offline (navigasi GPS Saja tanpa Internet), info traffict, view satelit.
img_0.4576353090266872.jpg
img_0.22359347015355172.jpg
img_0.8415288388469587.jpg

NewPipe
Aplikasi yang sangat bagus untuk menonton konten youtube. Jika sedang mendengarkan musik atau podcast, bisa mengaktifkan mode music only dan musik youtube bisa didengar sambil membuka aplikasi lain atau layar dimatikan. Newpipe juga bisa melakukan download video atau audio only dari youtube.
img_0.7998170117094258.jpg

Slim Social
Aplikasi ini saya gunakan untuk mengakses halaman social media facebook. Dengan tampilan yang lebih sederhada dan tidak berisi iklan, membuat aplikasi ini layak di pertimbangkan untuk digunakan.

Twidere
Aplikasi untuk twitter yang scrollingnya lebih smooth daripada aplikasi official.

VLC
Untuk media player, saya yakin sudah banyak yang tau dan menggunakan aplikasi ini.

Open Camera
Aplikasi kamera Lineage OS sudah cukup bagus, tapi saya tetap menginstall Open Camera untuk mendapatkan hasil yang optimal (Bagus untuk story IG).

AndOTP
Aplikasi authentikasi dua langkah untuk keamanan ekstra bagi akun-akun social media dan email.

Semoga informasi ini bermanfaat.
Sebagai penulis pemula, saya masi harus banyak belajar dalam merangkai kata atau saat memaparkan cerita.
Bagi yang ingin bertanya, silahkan follow instagram @amir_dayyan insyaallah saya senang kalo ada yang mau berdiskusi.

img_0.03469021224609495.jpg

H2
H3
H4
3 columns
2 columns
1 column
Join the conversation now
Logo
Center