Hikayat

image
Ini adalah hikayat (cerita) dalam bahasa Aceh yang di karang oleh ulama Aceh sendiri. Ini naskah sudah di salin kembali oleh Tgk Murtadha bin Yusuf berdasarkan naskah aslinya yang entah siapa pengarang pertama nya.
Hikayat adalah sesuatu yang sudah sangat melekat dalam diri masyarakat Aceh pada masa dahulu dengan alunan iramanya yang sudah tidak asing di telinga masyarakat yang mendengar nya.
Para orang tua sering menidurkan anak-anak nya dengan mengalunkan tiap bait dari hikayat ini.

image
Hikayat ini menceritakan tentang awal penciptaan nya "Nur" nabi Muhammad SAW, dari awal penciptaan sampai lahirnya jasad nabi kedunia.
Sempat saya membaca tiap paragraf nya, lembar perlembar membuat saya takjub, apakah benar hikayat ini atau tidak,? saya sempat meragukan nya, kadang mungkin cuma sebuah imajinasi para pendahulu,? tetapi saat sedang asyik saya membaca, ternyata di situ tercantum bahwa tiap cerita yang tertulis di hikayat ini adalah berdasarkan referensi dari Al-Qur'an dan hadits, ini membuat saya yakin bahwa hikayat ini bukanlah bualan para pendahulu semata, karena tidak ada fakta yang lebih meyakinkan selain Al-Qur'an dan hadits.

H2
H3
H4
3 columns
2 columns
1 column
Join the conversation now
Logo
Center