Hidup ini Bagaikan "Ban" yang Berputar

Selamat malam steemian dimanapun berada.

Kita sering mendengar kata petuah "hudup ini bagaikan roda yang berputar", secara sederhana bisa dipahami bahwa maksud dari kata petuah tersebuh bahwa hidup ini berubah-ubah, bayak kemungkinan-kemungkinan bisa saja akan terjadi seiring pertukaran waktu. Namun kali ini, saya ingin menjelaskan sebuah filosofi hidup dari ban yang berputar.

image

Dalam kamus besar bahasa indonesi (KBBI), ban diartikan benda bulat dari karet yang dipasang melingkar pada roda. Tentunya arti ban di sini bersifat umum, boleh ban mobil, kerata dan lain-lain.

Ban yang baru pasti bernilai tinggi, namun ia akan bermanfaat saat dipasang pada roda yang cocok atau sesuai yang dibutuhkan oleh ban tersebut. Semahal apa pun harga ban dan setinggi apapun kualitasnya bila dipasang pada roda yang tidak cocok, semua itu akan bermakna sia-sia. Setelah ban dipasang sesuai dengan roda, ia akan bermanfaat saat berputar seiring kebutuhan sebuah roda, ia tidak peduli kondisi medan tempuh asal tercapai sebuah tujuan, ia akan mengarungi bersama dengan roda dan pada akhirnya ia harus sadar dan rela ada saatnya dimana ia harus berhenti akibat kenak paku atau benda lainnya yang berakibat ia kempes, bahkan ia harus rela pada akhir pengorbanannya ia harus digantikan dengan yang lain karena ia telah renyuk akibat ditelan waktu.

image

Dari perjalanan "ban" ini bisa kita ambil hikmah, bahwa hidup kita di dunia ini akan bermakna saat kita terus berjuang menebar kebaikan bersama orang lain tentunya di tempat yang sesuai dengan bakat kemampuan yang kita miliki. Sehebat apapun kita, bila terus berdiam diri, jauh dari menebar kabaikan tentunya keberadaan kita tidak ada manfaatnya. Namun dalam perjalanan hidup ini tentu banyak halangan, rintangan dan ujian yang harus kita anggap sebuah dinamika kehidupan untuk melatih kedewasaan dalam mengarungi hidup di dunia yang fana ini. Sudah sewajarnya kita menjadikan semua rintangan dan hambatan dalam perjalanan hidup sebagai tantangan untuk mengeluarkan energi baru untuk terus semangat melangkah. Ada hal yang sangat penting kita catat bahwa semua ruang gerak kita ada waktunya dimana kita harus berhenti dan digantikan oleh yang lain, ini sebuah keharusan dalam rumus dunia yang semua isinya selalu berubuh-ubah dan silih berganti.

image

Secara singkat dapat disimpulkan bahwa, kita harus hidup seperti layaknya "ban" yang terus bergulir mengikuti perputaran roda kehidupan yang sudah kita yakini sebagai rumus dunia atau hukum alam yang telah diciptakan oleh Swt. Semoga kita benar-benar dapat mengambil hikmah dari sebuah gambaran "ban berputar" ini untuk hidup terus bergerak dalam menebar kebaikan, "sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk yang lain". Sekian...

Terimakasih telah membaca dan mengunjungi blog saya, jangan lupa vote, komen dan share. Thanks @ismuel

H2
H3
H4
3 columns
2 columns
1 column
Join the conversation now
Logo
Center