Menggunakan LineageOS | Usaha Untuk Merdeka dari Google Dan Xiaomi

1200px-Lineage_OS_Logo.png

Sejak beberapa bulan yang lalu, saya tertarik untuk menggunakan android yang bebas, yaitu bebas dari bloatware vendor hp dan google, bebas dari tracking dan iklan yang bikin boros batre (hal ini bisa diatasi dengan settingan lanjutan), serta mendapat privasi yang lebih baik dalam menggunakan smartphone. Sistem bawaan kebanyakan smartphone, meminta kita untuk mempercayakan privasi kepada mereka. Tapi dipihak lain, mereka merasa "tidak apa-apa" menjual data pengguna kepada pihak ke tiga (tidak hanya vendor, aplikasi seperti FB dan sejenisnya juga mengkoleksi data kita untuk kepentingan bisnis mereka) .Toh pengguna sudah setuju dan sepakat dengan TOS (term of service yang di berikan). Walaupun banyak dari pengguna tidak membaca TOS tersebut ataupun "terpaksa" setuju dengan TOS tersebut. Sehingga karenanya saya mencoba untuk memilih LineageOS, yaitu android alternatif yang membuat saya terbebas dari hal-hal yang saya ceritakan diatas. Tapi permasalahan yang saya temui saat itu adalah ketidaktersediaan Official lineage os untuk smartphone Redmi Note 5 yang saya gunakan, sehingga saya harus menunggu lama hingga melupakan hal tersebut.

Tangga 27 Juli, saya melihat sebuah tutorial di youtube yang membahas tentang dualOS di smartphone redmi note 5. Di tutorial tersebut, yang digunakan adalah AOSP (Android Open Source Project) dan Ubuntu touch. Yang membuat saya tertarik adalah, instalasi bisa dilakukan tanpa harus melakukan wipe sehingga data tidak terhapus, aplikasi tetap utuh, dan kecil kemungkinan boot loop/stuck. Setelah saya coba, instalasi berjalan dengan lancar, tapi ubuntunya tidak bisa di boot dan miui stuck di boot logo. Sudah saya coba untuk membiarkan boot selama 10 menit, tapi tetap stuck. Akhirnya saya mencoba flasing Android lainnya. Sempat terpikir untuk menggunakan Pixel Experience miliki google, tapi kemudian teringat dengan LineageOS. Saya coba cari di situsnya https://lineageos.org , ternyata LineageOs sudah tersedia yang Official untuk Redmi Note 5 sejak Mei 2020 lalu. Download, Wipe data, Install, Boot Berhasil.

Disinilah pengalaman smartphone tanpa servis google dimulai. Selanjutnya saya akan mencoba menceritakan pengalaman saya dalam mencari aplikasi alternatif untuk bisa mempermudah dalam menggunakan Smartphone Android Non Miui, Non Google ini.

SOFTWARE

Screenshot_20200729-041308_Trebuchet.png
Lineage tersedia dengan software bawaan yang terbilang cukup minim sehingga membuat sistem ini ringan. Software bawaan yang tersedia hanya berupa software-software penting saja seperti contact, dial, gallery(bisa digunakan untuk membuka foto dan play video), calculator, sms, file manager, jam, email, dan software lainnya yang totalnya tidak sampai 20 software. Aplikasi market/store tidak diinstall secara bawaan, tapi kita bisa menginstallnya belakangan. Kita bisa tetap menggunakan google play store (biasanya diikuti dengan beberapa google apps), tapi bagi yang ingin benat-benar terbebas dari google, saya sarankan untuk menggunakan F-Droid, Aurora Store, atau beberapa pilihan market lainnya. Pilihan saya jatuh ke Aurora Store karena bisa menggunakan repo play store dan bisa mendownload semua aplikasi.

Screenshot_20200730-093403_Trebuchet.png

Ada beberapa software alternatif yang saya gunakan untuk menggantikan aplikasi google, diantaranya adalah Newpipe untuk mengakses video youtube, OsmAnd untuk menggantikan Google Map, Material Notes untuk menggantikan google keep notes (karena keep notes butuh google service untuk menjalankannya). Untuk aplikasi IG, FB, Twitter saya masi menggunakan app yang sama dan juga menggunakan snapseed (google) untuk editing gambar.

CAMERA
Hasil jepretan aplikasi kamera bawaan lineageOS tetap bagus, bisa dilihat di foto berikut:
IMG_20200731_083440.jpg

Dan berikut adalah hasil jepretan Open Camera
IMG_20200731_Open.jpg

NAVIGASI/GPS
Screenshot_20200729-231627_Aurora_Store.png
Aplikasi OsmAnd cukup bagus sebagai aplikasi yang belum terlalu terkenal dan menjadi alternatif google. Tapi LineageOS memiliki masalah dalam hal akurasi dan kecepatan lock lokasi gps (saat ini saya sedang mencari tutorial untuk perbaikannya).

Settingan navigasi default untuk app adalah mati, tapi akan ditanyakan saat membuka app untuk memilih salah satu diantara pilihan berikut; Selalu share lokasi untuk app ini, Share lokasi saat app dibuka saja, atau jangan share lokasi.

PERFORMANCE
LineageOS adalah salah satu os yang cukup handal bila digunakan sebagai daily system. Selain membantu user untuk mendapatkan privasi yang lebih baik, sistem ini juga menawarkan performa yang bagus, ringan, lebih hemat baterai dibandingkan MIUI 11 yang saya gunakan sebelumnya.

GAME
Game tetap bisa dimainkan dengan lancar di LineageOS (Lebih lancar dari MIUI 11), tetapi login game harus dilakukan secara manual dan harus menggunakan akun game.

ANONIMITY
Install aplikasi menggunakan akun anonim yang diberikan oleh aurora store
Screenshot_20200731-222416_Aurora_Store.png

KEKURANGAN
Kekurangan lineageos adalah mengalami masalah saat menggunakan aplikasi keuangan seperti DANA. Aplikasi DANA tertutup dengan sendirinya dan harus dibuka ulang untuk melakukan transaksi (saya belum mencoba aplikasi Link Aja, OVO, atau yang lainnya). Untuk aplikasi perbankan Mandiri, tidak mengalami masalah (kecuali kalo di-ROOT). Aplikasi yang menggunakan login google, kadang mengalami masalah "susah login". Disini kita dilatih untuk mengatakan "bye google" :D. Terjadi beberapa error saat menggunakan aplikasi yang membutuhkan service google, tetapi ada juga aplikasi yang tetap bisa digunakan.
Screenshot_20200731-224417_myIndiHome.png

Face unlock belum tersedia untuk Redmi Note 5 Pro (akan saya coba cari tahu, dan saya ceritakan di tulisan berikutnya)

Jika teman-teman memiliki pertanyaan, silahkan ditanyakan di kolom komentar, saya akan berusaha menjawabnya sesuai dengan keilmuan yang saya miliki.

H2
H3
H4
3 columns
2 columns
1 column
Join the conversation now
Logo
Center