Peta Pulau Maluku (Ambon) Asli Buatan Belanda

IMG_20180302_094306.jpg

Sering kali kita memandang kota #Ambon sebagai kota yang memiliki pemandangan sangat indah, dengan khas pantai Timur #Indonesia yang biru kemilau. Tentu sangat memanjakan mata. Dilain sisi kota yang terletak di Pulau Maluku ini memiliki nilai sejarah yang besar.

Februari 2018 lalu, Saya mengikuti kegiatan nasional #HMI di Kota #Ambon selama hampir 2 pekan disana tidak pernah terbayang untuk sekedar jalan-jalan, kecuali sempat menikmati keindahan pantai ambon yang tidak bisa di bandingkan dengan daerah barat di Indonesia. Keindahan pantai ini kita skip dulu nanti di lain waktu saya akan menceritakan dan berbagi pengalaman kepada Steemiants.

Saat di hari terakhir kami pulang kedaerah masing-masing, kebetulan saya dari daerah barat Indonesia (Provinsi #Lampung). Saya berkeliling kota #Ambon dari pagi hingga sore untuk mencari oleh-oleh. Nah, dari beberapa toko yang kita kunjungi, ada satu toko yang saya ingin kunjungi lagi kalau ke #Ambon.

Nama toko nya Petak 10, jangan tanya kok bisa begitu namanya ya! Pas setelah saya mau keluar dari toko ada peta yang di kanvas, ngak tau apa jenisnya, bisa lukisan timbul, saya tidak paham apa jenis nya. Yang pasti lukisan itu bergambar peta #Maluku dan tulisan didalam peta tersebut ngak pernah saya tau ini negara mana yang buat. Cuman kayaknya sih dari bangsa #Belanda (bisa dilihat sendiri di dalam petanya).

Di peta itu, terpampang jelas pemetaan suku-suku di pulau Ambon berikut keterang-keterangnya. Analisis saya ini lukisan untuk pemetaan daerah di jaman pra kemerdakaan dahulu.

Dan saya kira kalau kalian ke #ambon, silahkan aja buktiin sendiri apa yang saya tulis ini.

Alamat Toko Petak 10 itu berada di Petak 10, Laknya di jl Tamaela, Kel Waihaong, Nusaniwe, Kota Ambon, Maluku.
IMG_20180302_094253.jpg

Often times we see the city of Ambon as a city that has a very beautiful scenery, with the typical shimmering Eastern coast of Indonesia. Of course, very pamper the eyes. The other side of the city located on the island of Maluku has a great historical value.

February 2018, I followed the national activities in Ambon City for almost 2 weeks there was never imagined for a walk, except had time to enjoy the beauty of the beach that can not be compared with the western region of Indonesia. The #beauty of this beach will tell and share experiences for Steemiants later.

When on the last day went home our province respectively (I happened from the western region of Indonesia, Lampung Province). I toured the city of Ambon from morning to afternoon looking for souvenirs. Well, from some stores we visit, there is one store that I want to visit again if to Ambon.

The name of the store is Petak 10. After I want to get out of the store there is a map on the canvas, I do not understand what kind of it ( #art ). Certainly, the painting is illustrated map Maluku and #writing on the map I never know which country that make. I think from the Dutch (can be seen in the #photo).

On the map, clearly displayed mapping of the tribes on the island of Ambon and its descriptions. My analysis is a #painting for mapping the area in pre our country Independent.

And I guess if you go to Ambon, prove myself what I write this. The address of Petak 10 is located on Jl Dr. Tamaela, Kel Waihaong, Nusaniwe, Kota Ambon, Maluku.

by #diyanahmads

H2
H3
H4
3 columns
2 columns
1 column
Join the conversation now
Logo
Center