This content was deleted by the author. You can see it from Blockchain History logs.

Cerita ibuk ibuk

image
Ramadan tahun ini hampir bersamaan dengan akhir pembelajaran semester 2 untuk para seluruh siswi dan siswa dinsemua jenjang pendidikan. Untuk wilayah kota Surabaya, sebagian wilayah mengawali UAS pertama pada hari sabtu tanggal 19 Mei ini setelah sebelumnya siswa siswi d liburkan terkait tragedi yang menimpa kota kami minggu lalu.
Ketika kita masih berstatus siswa, bagaimana rasanya ketika UAS datang? Tentu saja cemas dan kadang takut. Meskipun sudah belajar semalaman, kadang rasanya kita masih kurang PD dengan jawaban yang telah diberikan.. mungkin itu yg saya rasakan dulu. .
Pagi ini sy mendapatkan giliran menjaga siswa kelas 1 yang sedang belajar berpuasa. Hampir seluruh siswa di kelas tersebut menyahut sedang melakukan ibadah puasa ketika sy bertanya kepada mereka. Meskipun banyak yang menimpali hanya puasa bedug Bu. Saya mengacungkan kedua jempol kepada mereka, tanda apresiasi. Menurut saya, puasa bedug itu sudah hebat apalagi di tambah situasi yang sedang melakukan ujian. .
Kalau ada yang bilang puasa itu berat, itu kesalahan besar. Puasa tidak membatasi aktifitas seseorang. Puasa juga bukan penghalang untuk berkarya. Justru, dengan puasa kita akan mendapatkan berkali2 lipat hal baik dari hal2 yg kita lakukan. Tidurnya orang berpuasa adalah ibadah. Tapi masa iya, mau tidur terus sepanjang hari tanpa melakukan apa pun. Kalau alasannya karena tidak ada tenaga karena lapar, masak iya kalian kalah sama anak2 kecil ini? Berpuasa, belajar, dan mengerjakan ulangan.. Berat mana hayo..? Masih bilang kalau puasa berat..?