Istana Negara dan Istana Merdeka

Di Indonesia mempunyai 6 Istana Kepresidenan yaitu : Istana Negara dan Istana Merdeka yang terletak di Jakarta, Istana Bogor sesuai dengan namanya berada di Bogor, Istana Cipanas yang terletak di kaki Gunung Gede Jawa Barat, Istana Tampaksiring yang berada di Bali, dan Istana Gedung Agung yang berada di Jogjakarta.

Istana Negara dan Istana Merdeka terletak satu komplek, sering orang keliru ketika menyebutkan letak lokasi kedua Istana tersebut. Istana Negara letaknya menghadap ke Sungai Ciliwung yang berada di Jalan Veteran, Jakarta Pusat. Sedangkan Istana Merdeka menghadap ke Monas (Monumen Nasional) di Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Istana Negara dibangun pada Tahun 1796 dan selesai dibangun pada Tahun 1804. Sedangkan Istana Merdeka di bangun pada Tahun 1873.

Istana Negara biasanya digunakan untuk menyelenggarakan acara-acara kenegaraan seperti pelantikan pejabat-pejabat tinggi negara dan jamuan kenegaraan. Sedangkan Istana Merdeka menyelenggarakan acara kenegaraan seperti Upacara 17 Agustus, penyambutan tamu negara, dan pelantikan perwira muda (TNI dan POLRI).

Istana Negara
istana-negara-baru.jpg
sumber : presiden.go.id

Istana Merdeka
DSC_0221.jpg

H2
H3
H4
3 columns
2 columns
1 column
Join the conversation now