Kresna Dalam Cerita Mahabarata

Selamat beraktifitas sahabat stemians semoga anda dalam keadaan sehat selalu.
Dalam cerita Mahabarata tokoh penting yang tidak bisa dikesampingkan adalah Kresna. Kresna hampir dipastikan berada di setiap lakon yang dijalani oleh Pandawa. Dalam versi wayang Jawa, ada dua peran yang dilakukan oleh Kresna. Kresna dalam lakon Kresna Duta pernah menjadi duta untuk meminta kembali hak Pandawa atas kerajaan Astina pada Kurawa. Upaya ini dilakukan dengan sangat serius, walaupun sebagai avatar Wisnu, Kresna sebenarnya sudah tahu bahwa hal yang dilakukannya ini adalah upaya yang mustahil. Perdamaian harus tetap diupayakan sampai detik terakhir.


BBB_sourabh.jpg


Source Picture


Permintaan Kresna, sebagai duta Pandawa, kepada kalangan Kurawa tidak mendapatkan jawaban yang cukup baik. Ini yang membuat Kresna marah dan melakukan Tiwikrama (berubah rupa menjadi raksasa). Tiwikrama Kresna ini tidak hanya membuat manusia penghuni dunia ketakutan, tetapi juga dewa-dewa di Kahyangan pun mengalami kecemasan luar biasa. Kemarahan Kresna yang bertiwikrama ini hanya dapat diredam oleh Bathara Dharma yang maha bijaksana dan sabar.


mahabarata.jpg


Source Picture


Peran kedua yang dijalankan oleh Kresna dan akan selalu diingat adalah saat perang Bharatayuda terjadi. Pada perang besar ini Kresna memerankan diri menjadi kusir dari Arjuna. Hal seperti ini tidak terjadi pada Prabu Salya yang menjadi kusir Prabu Karna ketika berhadapan dengan Arjuna. Prabu Salya sangat marah karena dijadikan kusir oleh Karna.


BASUDEWA.jpg


Source Picture


Akibat kemarahan, rasa direndahkan, akibat ketidaktulusan dan keikhlasan Prabu Salya, bidikan anak panah Karna selalu terganggu oleh gerak kereta kuda. Banyak sekali anak panahnya mengenai sasaran kosong. Berbeda dengan Kresna yang menjadi kusir dengan sepenuh hati, kehadirannya melipat gandakan kekuatan anak panah Arjuna. Kehadiran dan dukungan Kresna menjadi sumber kemenangan Arjuna, kemenangan Pandawa, kemenangan umat manusia.


mahabharat_ep265_800x600.jpg


Source Picture


Kalau sahabat menyukai postingan saya silahkan di upvote, resteem dan ikuti @amryksr untuk bisa melihat postingan saya selanjutnya di feed anda.


IMG_20170624_224816.jpg


IMG-20170619-WA0005.jpg


Follow Me @amryksr

H2
H3
H4
3 columns
2 columns
1 column
9 Comments
Ecency