Mencoba Aplikasi Ecency

img_0.3859290593814109.jpg

SUDAH LAMA tak beraktivitas di sini. Di platform hive ini. Sibuk dengan rutinitas pekerjaan. Alasan saja? Begitulah. Beruntunglah kita yang selalu bisa mencari-cari alasan sebagai pembenar atau bahkan penghibur dari segala kegagalan. Dan aku telah berkali-kali gagal untuk bisa konsisten di platform ini. Perihal yang telah berulangkali pula kuakui. Klise, tentu saja. Tapi biarlah.

Omong punya omong. Aku hadir kembali di sini oleh sebab pertanyaan seorang teman, "Apakah aku sudah punya akun @ecency?" Aku menggeleng. Lantas ia menjabarkannya sebagai satu platform yang hampir sama dengan steemit, dan lain sebagainya, yang dengan beraktivitas di situ seseorang bisa diganjar koin cryptocurrency. Atas nama penghasilan cryptocurrency tentu saja aku kepincut. Persoalan apakah aku bakal bisa konsisten nantinya, itu lain urusan. Yang penting cari tahu dulu, ikut serta dulu.

Bekal pertanyaan si teman, maka berselancarlah aku via browser google chrome. Dengan dua kata kunci: ecency platform, aku mendamparkan diri di situs ecency.com, lantas ini:

img_0.8064365008166693.jpg

Kau lihat. Tampilan laman pertamanya betul-betul menggugah. Aku tambah kepincut. Warna dan objek grafisnya bikin aku ingin menyelam lebih dalam lagi. Darinya aku tahu platform ini terintegrasi dengan platform hive.io yang bagi para hivers tentu sudah paham pertautan dan cara kerjanya bagaimana. Di kedalaman selanjutnya aku bertemu @good-karma. Aku kenal dia. Dia sebaliknya. Sudah barang tentu demikian. Secara dia itu pesohor sejak platform hive belum ada, dan ini orang sudah bikin aplikasi pihak ketiga yang terintegrasi dengan platform steemit bertahun-tahun lewat. eSteem App, namanya.

Demi bertemu orang sebaik good-karma di sini, penasaranku bertambah-tambah untuk mendalami ecency. Sampai-sampai aku bertemu dengan dua orang tim pengembangnya yang lain; @talhasch dan @dunsky yang ternyata dengan tangan dan buah pikir ajaib orang-orang inilah ecency juga tersedia dalam sebentuk aplikasi yang bisa kau unduh-install dari laman playstore.

Aku mengunduh dan langsung menginstallnya. Hasilnya benar-benar bikin takjub. Ini aplikasi paling simpel yang pernah kupakai selama berurusan dengan platform berbasis blockchain seumpama hive. Apa yang dilakukan GoodKarma, dkk. kali ini seperti hendak membayar hutang lama ketika mereka membangun aplikasi eSteem App. Ecency App punya banyak kelebihan dibanding aplikasi sebelumnya itu. Lebih ringan. Fiturnya lebih dinamis. Tak bikin gawai nge-hang tak menentu. Sistem penyimpanan data yang tengah kau kerjakan otomatis. Perihal yang benar-benar menjamin kau terbebas dari mencak-mencak tak karuan oleh sebab apa yang tengah kau ketik tiba-tiba hilang hanya karena ada panggilan masuk.

Kurasa aplikasi ini adalah penyempurnaan terbaik dari aplikasi yang pernah digagas GoodKarma. Ditambah pula dengan adanya bonus point untuk setiap aktivitas, dimana point tersebut bisa kau fungsikan untuk mempromosikan konten dan lain sebagainya. Terakhir, apa lagi yang bisa kukatakan kecuali ucapan: terima kasih banyak @good-karma.

H2
H3
H4
3 columns
2 columns
1 column
4 Comments
Ecency