Mengatasi Pengangguran di Indonesia

image
Sumber Gambar


Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki sumber daya alam yang melimpah di dunia. Dengan luas daratan maha subur yang hampir mencapai 2 juta kilometer persegi dan luas lautan melebihi 3 juta kilometer persegi, nyatanya hal ini tidak menjamin kemakmuran negera kepulauan terbesar di dunia ini. Penduduk Indonesia berkisar sekitar 260 juta jiwa, yang termasuk kedalam angkatan kerja sebanyak 121 juta lebih, malah terdapat pengangguran diangka yang lebih dari 7 juta jiwa pada 2017. Angka pengangguran tersebut belum termasuk mereka yang setengah menganggur dan lainnya.

Belum lagi jika berbicara pada tingkat kemiskinan dan pendidikan, namun kita tidak akan membahas hal tersebut pada coretan ini. Soalnya yang melakukan penelitian ini juga merupakan seorang pengangguran "curhat sikit". Berdasarkan Coretan Research angka pengangguran semakin bertambah dari ke tahun, sekalipun secara persetanse tingkat pengangguran terbuka (TPT) mengalami penurun sekian nol koma persen.

Penyebab utama bertambahnya pengangguran dari tahun ke tahun dikarenakan pertambahan angkatan kerja setiap tahunnya, untuk mengatasi hal tersebut, Coretan Research merangkum beberapa solusi efektif untuk menekan angkan pengangguran yang semakin meningkat. Solusi ini ditujukan khusus untuk kalian yang masih berstatus pelajar/mahasiswa dan juga kepada khalayak umum seperti orang tua, karena sebenarnya kalian lah aspek utama penambah pengangguran, bukan karena kesalahan pemerintah atau alasan klasik sempitnya lowongan kerja.

1. Sekolah Khusus/Terampil

Sekolah khusus yang dimaksud disini adalah sekolah kejuruan seperti SMK yang langsung mencetak siswa untuk siap kedalam dunia pekerjaannya. Kita tidak mengupas seperti apa mekanisme sekolah ini, yang pasti mereka lebih siap bersaing dalam dunia kerja ketimbang lulusan SMA. Satu lagi sekolah khusus adalah sekolah kementerian, berstatus sekolah tinggi seperti STAN, STPDN dan sebagainya yang siap mengarahkan taruna kedalam dunia kerja pasti.

2. Berwirausaha

Untuk mengatasi pengangguran jangan melulu berharap kepada pemerintah agar dapat membuka lowongan kerja besar-besaran. Kita juga melakukan itu dengan membangun usaha sendiri yang bisa dimulai dengan berdagang kecil-kecilan, tentunya hal ini bisa mengurangi tingkat pengangguran karena ruang kerja dalam usaha kita. What do you waiting for? Masih jaman jadi pekerja, enakan jadi bos toh!

3. Jangan Buru-buru Selesaikan Kuliah

Satu lagi yang terakhir ini merupakan yang paling efektif diantara segala solusi, yupz jangan buru-buru tamat kuliah jika hanya ingin menambah pengangguran di Indonesia haha. Persiapkan diri matang-matang dan kemana arah yang akan kamu tuju. Ada satu kalimat andalan para mahasiswa yang tua dikampus, "jangan selesaikan kuliah tepat waktu, tapi carilah waktu yang tepat untuk selesai". Iya kurang lebih seperti itu, namun nyatanya meskipun aku selesai hampir tepat 7 tahun alias 14 semester, masih juga belum tepat untuk selesai. ~parah

H2
H3
H4
3 columns
2 columns
1 column
16 Comments
Ecency